Tubuh merupakan sebuah sistem dan kesatuan yang utuh, dimana jika ada salah satu organ yang mengalami masalah maka akan mempengaruhi organ yang lainnya. Demikian juga jika ada penyakit yang diderita oleh salah satu atau beberapa organ dan bagian tubuh, maka beberapa bagian atau organ lain akan merespon dengan memberi tanda atau mengalami peradangan untuk memberikan sinyal kepada pemiliknya. Timbulnya flek hitam pada wajah juga bisa menjadi salah satu tanda adanya penyakit di dalam organ tubuh, bukan hanya tanda-tanda penuaan saja.
Penyebab Flek Hitam dari Penyakit yang Diderita
Semakin tua umur seseorang maka semakin banyak organ yang mudah terserang penyakit. Penyakit tersebut bisa menjadi salah satu penyebab flek hitam yang timbul pada wajah atau bagian permukaan kulit lainnya. Adanya flek akan menjadi indikasi bahwa ada beberapa bagian di dalam tubuh yang tidak bisa difungsikan dengan baik yang akan mempengaruhi metabolisme secara keseluruhan. Penyakit apa sajakah itu?
1. Hiperpigmentasi Kulit
Penyebab flek hitam yang berasal dari penyakit yaitu adanya hiperpigmentasi kulit. Sesuai namanya, maka hiperpigmentasi kulit terjadi karena adanya trauma dan peradangan pada kulit. Ketika sudah mengalami luka atau sobekan akibat berbagai hal seperti kulit terbakar, jerawat, eksim, dan lain lain maka akan timbul flek hitam di daerah tersebut. Banyak yang mengatakan bahwa perawatan kecantikan yang terlalu ekstrim atau terlalu keras pun akan mengakibatkan adanya flek pada bagian wajah sehingga tidak disarankan untuk melakukan perawatan yang berlebihan pada kulit.
2. Solaris Lentigo
Jika usia sudah memasuki 40 tahun maka penyakit penyebab flek hitam yang bisa terjadi adalah solaris lentigo atau penyakit akibat adanya akumulasi paparan sinar matahari yang menyebabkan terjadinya pigmentasi dan kurang lenturnya kekuatan kulit dan sel sel untuk melakukan regenerasi kulit. Dengan demikian flek hitam akan semakin bertambah dan mengurangi kecantikan seseorang. Bercak bercak atau bintik hitam ini akan semakin bervariasi tergantung tingkat keparahannya, juga dengan warnanya yang akan semakin bermacam macam. Banyak yang menyebut penyakit ini sebagai liver's spot.
3. Gangguan Fungsi Hati
Hati menjadi tempat untuk menetralkan racun, jika terjadi gangguan pada hati sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik maka banyak racun yang tidak bisa dinetralkan atau dikeluarkan dari dalam tubuh. Hal itu bisa menjadi penyebab flek hitam yang terjadi pada wajah. Flek hitam adalah kotoran atau racun yang tidak bisa dikeluarkan dari dalam tubuh dan menjadi flek yang semakin hari semakin banyak.
4. Kekurangan Vitamin
Penyebab flek hitam bisa juga disebabkan oleh kekurangan asupan gizi khususnya vitamin untuk tubuh. Vitamin E dan K berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit sehingga jika asupan vitamin ini tidak dipenuhi dengan baik maka akan menyebabkan terganggunya fungsi kulit itu sendiri. Adanya flek pada wajah mengindikasikan kurangnya vitamin sehingga disarankan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang merupakan sumber untuk berbagai jenis vitamin yang dibutuhkan.
Demikian beberapa penyakit yang menjadi penyebab flek hitam pada wajah. Direkomendasikan untuk selalu menjaga kesehatan karena semua jenis penyakit saling berhubungan dan bisa menjadi biang munculnya flek hitam pada wajah. Hal tersebut tentu tidak diinginkan karena akan mengurangi rasa percaya diri seseorang terutama jika flek tersebut semakin meluas dan sudah sulit untuk dihilangkan.