Mengecilkan pori-pori kulit wajah sebaiknya dilakukan secara hati-hati karena berpotensi merusak kelenjar kulit dan bahkan menimbulkan bekas jika salah penanganan. Kebanyakan wanita yang punya anggaran berlebih akan langsung mengkonsultasikannya pada pakar kesehatan kulit dan segera ditindaklanjuti dengan metode klinis. Khasiatnya memang akan langsung terasa meskipun biasanya tergantung juga pada pihak yang menanganinya. Namun biaya yang dibutuhkan tidaklah sedikit sehingga bisa jadi lebih sering membebani orang yang menjalankannya dari segi finansial.
Pilihan lainnya cenderung sangat praktis yaitu dengan berupaya menutupi pori-pori kulit yang besar dengan riasan atau makeup. Semakin tebal riasannya pada kulit wajah diharapkan bisa menyamarkan atau bahkan menutupi pori-pori tersebut. Namun cara ini juga lebih berisiko karena bisa memicu kerusakan kulit wajah, menimbulkan jerawat, dan mempercepat penuaan.
Sebetulnya masih banyak pilihan cara yang lebih aman dan tak usah memikirkan alokasi dana untuk ke salon perawatan kulit wajah. Cara-cara tersebut menerapkan konsep tradisional yang dijamin aman dan telah terbukti sejak lama. Nah, silakan memilih satu di antara cara tradisional berikut ini untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah dan membuatnya lebih cerah dan segar secara alami:
1. Menggunakan Es Batu
Terdengar mudah bukan? Hanya menggunakan es batu (pastinya yang dibuat dari air bersih), kita bisa mengecilkan pori-pori kulit wajah secara alami. Persiapkan sebongkah es batu secukupnya untuk mengompres bagian kulit wajah yang berpori-pori besar. Sebelum melakukannya, cuci muka dan bilaslah sampai betul-betul bersih. Oleskanlah es batu tadi secara merata dan perlahan ke seluruh permukaan kulit wajah yang berpori-pori besar. Jika dilakukan secara rutin, misalnya setiap pagi, niscaya pori-pori kulit wajah akan mengecel dan terasa lebih kencang dan segar.
2. Masker Mentimun
Mentimun selalu berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Caranya juga sangat mudah dan sederhana, yaitu dengan memblender potongan mentimun hingga hancur dan lembut. Setelah itu, taburi dengan tepung maizena lalu campurkan hingga merata. Setelah itu gunakan sebagai bahan yang dioleskan merata ke seluruh permukaan kulit wajah. Tunggu sampai benar-benar kering lalu bilas dengan air hingga bersih.
3. Masker Madu
Madu juga merupakan bahan alami yang sangat berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah yang besar, gunakan madu sebagai bahan olesan. Kita juga bisa menambahkan sedikit air perasan jeruk lemon yang berkhasiat ganda untuk melembutkan kulit wajah serta sebagai aroma yang akan membuat merasa rileks.
4. Masker Tomat
Mengecilkan pori-pori kulit wajah memang sangat beragam caranya, apalagi jika memilih metode tradisional. Nah, tomat juga bisa kita manfaatkan sebagai bahan utama untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah. Caranya dengan menumbuk sebuah tomat segar sampai hancur dan halus, lalu gunakan sebagai bahan olesan di seluruh permukaan kulit wajah. Tunggulah sampai masker tomat itu mengering lalu bilas dengan air dingin.
5. Lemon
Khasiatnya sudah sangat terbukti untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Selain digunakan sebagai bahan campuran untuk masker madu, kita juga bisa memakainya sebagai bahan tunggal untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah. Caranya dengan memotong buah lemon segar menjadi dua bagian, lalu peras pada wadah bersih. Gunakanlah air perasan tadi sebagai bahan olesan untuk seluruh permukaan kulit wajah. Jika ingin menggunakan cara yang lebih lebih praktis, Minasan bisa langsung menggunakan irisan-irisan buah lemon yang dioleskan langsung ke seluruh permukaan wajah. Cara ini sebaiknya dilakukan malam hari tepat sebelum tidur.