Flek hitam merupakan masalah yang sangat menyebalkan, baik bagi pria atau wanita. Penyebabnya pun bukan cuma karena bekas jerawat yang tak bisa hilang-hilang. Ada beberapa faktor lain seperti bekas luka atau terlalu sering terkena sengatan sinar matahari. Jika dibiarkan begitu saja jelas akan sangat menganggu penampilan, selain itu ada risiko yang lebih besar seperti gangguan penyakit kulit.
Lalu apakah noda hitam di kulit wajah ini bisa dihilangkan? Tentu saja bisa dan bahkan kini semakin banyak cara mudah yang ditawarkan. Sebagian besar cara praktis yang ditempuh ialah dengan menjalani perawatan rutin di salon atau klinik. Biayanya juga tak murah dan bahkan bisa melebihi perkiraan. Namun, ada banyak solusi yang sebenarnya sangat mudah dan tidak akan menyita banyak anggaran. Solusi-solusi tersebut yaitu menerapkan cara tradisional dengan berbagai bahan alami.
1. Semangka
Buah ini ternyata sangat berkhasiat untuk menghilangkan flek hitam di kulit wajah. Caranya, pilih buah yang segar dan potong secukupnya. Hancurkan hingga lembut supaya bisa dijadikan sebagai masker wajah. Selama sekitar 20 menit, biarkan masker semangka tersebut meresap dalam kulit dan bekerja secara alami. Lalu bilas sampai bersih. Jika ingin hasil optimal, terapkan cara ini sehari dua kali.
2. Bengkoang
Khasiatnya sudah teruji dan diakui oleh para pakar. Sama seperti penggunaan semangka sebagai masker, pilih bengkoang yang paling segar lalu iris-iris dan hancurkan hingga lembut. Pastikan bahwa ramuan tersebut benar-benar lembut dan bisa digunakan sebagai bahan olesan untuk masker wajah. Oleskan sampai merata dan benar-benar kering. Lalu cuci muka dan bilas dengan air sampai bersih. Untuk dapat menyamarkan flek hitam di wajah secara efektif, sangat disarankan untuk melakukannya dua hari sekali atau mungkin seminggu sekali.
3. Lidah Buaya
Daripada mengeluarkan banyak biaya untuk membersihkan flek hitam di wajah, cara ini terbilang sangat efektif dan manjur. Minasan hanya perlu mengoleskan gel atau cairan dari potongan lidah buaya ke bagian kulit wajah yang pada bagian yang terdapat flek hitam. Namun, pastikan untuk membersihkan muka terlebih dahulu. Setelah wajah bersih, goleskan gel lidah buaya pada wajah. Dengan melakukan perawatan ini secara rutin, flek hitam di wajah akan menghilang secara bertahap.
4. Mentimun
Mentimun merupakan bagian dari resep tradisional untuk meningkatkan kecantikan kulit wajah. Minasan juga bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan flek yang membandel. Ambil sebuah mentimun dan cucilah sampai bersih. Iris kecil-kecil lalu tumbuk sampai halus. Minasan juga bisa menggunakan blender untuk mempercepat proses tersebut. Setelah itu, gunakanlah sebagai olesan untuk seluruh kulit wajah, khususnya pada bagian yang terdapat flek hiyam. Jika dilakukan secara rutin, misalnya dua hari sekali, maka flek di kulit wajah akan berangsur-angsur hilang secara alami. Cara ini terbukti sangat mudah, hemat, dan terjamin hasilnya.
5. Tomat
Setiap malam Minasan bisa menggunakan tomat yang telah diolah menjadi jus atau bubur sebagai masker. Oleskan sampai merata terutama di bagian kulit wajah yang terdapat flek hitam. Pilihlah tomat yang segar dan cuci terlebih dahulu sebelum mengolahnya. Pemakaian secara teratur dapat mempercepat hasilnya.
6. Lemon
Cara ini juga sangat efektif dan tidak butuh banyak biaya. Sediakan lemon, potong jadi dua bagian, lalu ambil air sarinya. Gunakanlah air perasan tadi sebagai bahan untuk dioleskan ke bagian kulit wajah yang terdapat flek hitam. Pemakaian teratur akan menunjukkan hasilnya secara bertahao, dimulai dari memudarnya flek dan sampai betul-betul hilang.