Keramas Secara Rutin


source: http://www.healthysolutionsweb.com
Penyebab utama munculnya ketombe pada rambut adalah karena kotoran dan keringat yang terperangkap di kulit kepala. Bagi pengguna hijab, kulit kepala pasti akan terasa lebih panas dan lembap karena tertutup seharian. Karena itu, penting banget untuk keramas secara rutin minimal dua hari sekali untuk membuat kulit kepala tetap bersih dan segar.
 
Sebaiknya pilih waktu keramas saat kamu tidak ingin bepergian ya, Ladies. Jadi kamu punya banyak waktu untuk mengeringkan rambut hingga benar-benar kering sebelum kembali menggunakan hijab.


Pilih Shampoo Khusus Hijab


source: https://www.instagram.com/fatin30
Saat sudah memutuskan memakai hijab, tentunya kebutuhan rambutmu akan berbeda dari sebelumnya. Karena itu, kamu tidak bisa menggunakan shampoo yang sama dengan sebelum menggunakan hijab. Pilih shampoo yang bisa menghilangkan ketombe dan memang diformulasikan khusus untuk hijabers seperti Rejoice 3-in-1.
baca juga
source: https://www.instagram.com/rejoice.id

Rejoice 3-in-1 mempunyai 3 manfaat dalam 1 shampoo yang bisa membuatmu lebih nyaman saat menggunakan hijab. Kandungan cool menthol di dalamnya dapat menyegarkan rambut dan kulit kepala sehingga terasa lebih bersih, segar dan memberikan sensasi sejuk di kepala. Sementara kandungan ZPT pada shampoo ini bisa mencegah timbulnya ketombe dan serpihan kulit mati yang terlihat. Bukan hanya itu, Rejoice 3-in-1 juga mengandung Hot Oil yang bisa membuat rambut menjadi lebih halus, lembut dan mudah diatur.


Gunakan Hijab yang Tepat


source: https://www.instagram.com/fatin30
Pemilihan bahan hijab yang kamu gunakan sehari-hari ternyata bisa turut mempengaruhi kesehatan rambut lho, Ladies. Kalau salah memilih, bisa-bisa kepala kamu akan menjadi lembap dan lebih mudah berketombe. Agar kamu merasa lebih nyaman dan rambut bebas ketombe, sebaiknya pilih bahan hijab yang bisa menjaga sirkulasi udara di balik hijab. Selain itu, pilih juga bahan hijab yang mampu menyerap keringat berlebih. Kamu bisa memilih hijab berbahan katun dan voal untuk penggunaan sehari-hari agar lebih nyaman dan bebas gerah.
baca juga


Atur Pola Makan


source: https://tsk.com
Ladies, ternyata terdapat beberapa makanan yang bisa merangsang produksi minyak pada kulit, termasuk minyak pada kulit kepala. Makanan yang tinggi lemak dan terlalu berminyak, makanan pedas, makanan bersantan, dan makanan dengan kandungan gula yang tinggi bisa mempengaruhi produksi minyak di permukaan kulit kita. Karena itu, sebaiknya kurangi konsumsi makanan-makanan tersebut dan ganti dengan pola makan yang lebih sehat.
 
Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah munculnya ketombe saat menggunakan hijab. Dengan perawatan rambut yang tepat, kamu enggak perlu lagi khawatir dengan ketombe meski harus beraktivitas dengan hijab seharian. Selamat mencoba, Ladies!