Tips kulit cerah alami dengan ramuan tradisional khas Indonesia yang diracik sendiri tentu perlu dicoba. Indonesia memang kaya dengan hasil alam yang mempunyai banyak khasiat ampuh tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga kecantikan. Khusus untuk kecantikan, rempah mangir menjadi salah satu racikan tradisional yang kerap digunakan untuk perawatan kulit cerah alami. Selain rempah mangir sebenarnya masih ada beberapa resep tradisional lain yang sejak zaman dahulu sudah digunakan oleh putri raja sebagai resep kecantikan rahasia. Kira-kira apa saja ramuan tradisional yang dimaksud? Adapun berikut diberikan beberapa resep yang bisa Minasan coba:
1. Rempah Mangir
Mangir adalah bubuk kecantikan tips kulit cerah alami putri keraton yang dibuat dari campuran sejumlah bahan alami. Mangir terbukti efektif mengangkat sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit alami. Bila dbandingkan dengan lulur, mangir memiliki butiran yang lebih kasar sehingga dapat mengangkat sel kulit mati secara sempurna. Salah satu bahan alami yang kerap dijadikan mangir yaitu kunyit. Kunyit dipilih karena mampu berperan sebagai anti radikal bebas dan berkhasiat mengangkat sel kulit mati. Selain kunyit bisa juga menggunakan rimpang temu giring. Rimpang temu girip sering dijadikan mangir karena berkhasiat membuat kulit lebih cerah dan bercahaya. Lebih dari itu rimpang temu giring juga dapat membantu mengunci kelembaban kulit dan membuat kulit terasa lebih halus. Sebagai opsi lainnya ada cendana yang memiliki aroma wangi sehingga efektif pula mengusir bau badan tidak sedap dan sekaligus menjaga kulit dari gatal-gatal dan jerawat.
2. Scrub Gula Pasir
Gula pasir diketahui mempunyai tekstur bulatan cukup lembut. Dengan tekstur butiran yang demikian gula dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang menempel. Sehingga kulit bisa terlihat lebih cerah dan bersih bila gula dijadikan sebagai scrub alami perawatan kulit. Tidak perlu takut iritasi karena bahan gula aman digunakan. Untuk membuat scrub gula pasir caranya pun sangat mudah. Minasan cukup mencampur 4 sendok makan gula pasir dengan 3 sendok makan minyak zaitun. Campur kedua bahan sampai bercampur merata. Basahi dulu tubuh Minasan lalu lanjutkan dengan mengaplikasikan scrub gula pasir secara merata sebagai tips kulit cerah alami.
3. Lulur Kopi
Siapa sangka bila kopi dapat dijadikan lulur alami perawatan kecantikan kulit. Kopi ternyata mempunyai kandungan zat yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati, menghaluskan kulit, melembabkan kulit, merilekskan kulit, dan mencerahkan kulit khususnya di area yang rawan menjadi gelap misalnya di bagian kulit yang berlipat. Untuk membuat lulur kopi, Minasan perlu menggiling biji kopi sampai halus kemudian mencapurnya dengan body scrub secukupnya. Sebagai tips kulit cerah alami tambahan, lakukan perawatan kecantikan dengan lulur kopi secara rutin paling tidak satu minggu sekali agar mendapat hasil optimal.
Di pasaran sekarang ini memang banyak ditawarkan produk kecantikan yang dapat digunakan untuk perawatan kulit. Tetapi tentu tidak ada salahnya bila Minasan meracik sendiri mengikuti beberapa resep yang diberikan di atas. Adapun untuk mendapatkan hasil optimal perawatan sebaiknya dilakukan secara rutin. Tetapi alangkah baiknya bila juga diimbangi dengan perawatan kulit dari dalam misal dengan mengonsumsi makanan kaya gizi, mengonsumsi multivitamin, dan olahraga secara rutin. Hal ini dikarenakan beberapa gaya hidup sehat tersebut juga berpengaruh pada kecantikan kulit Minasan. Sekian dan semoga memberi tips kulit cerah alami bermanfaat.