Jika berbicara mengenai tips-tips kecantikan dengan bahan alami, salah satu yang paling sering disebutkan adalah lemon. Mungkin Minasan sudah sering mendengar tips kulit cerah alami menggunakan lemon, hal ini dikarenakan buah ini benar-benar mampu memberikan manfaat bagi kecantikan. Buah yang dekat sekali hubungannya dengan jeruk ini kerap dimanfaatkan sebagai bahan masakan terutama untuk menghilangkan bau amis pada makanan laut. Minum air hangat yang diberi perasan air lemon juga ternyata sangat baik dan dapat mengendalikan penyerapan tubuh terhadap gula, lemak, dan kolesterol. Sedangkan untuk kulit, lemon merupakan sumber vitamin C yang sangat baik untuk menjaga kecantikan. Berikut adalah khasiat lemon untuk kecantikan kulit Minasan.
1. Mencerahkan Kulit Wajah
Lemon selalu dimasukkan ke dalam salah satu tips kulit cerah alami karena kandungan vitamin C-nya cukup tinggi. Vitamin C merupakan bahan aktif yang bisa mengangkat sel kulit mati dari kulit sehingga lapisan kulit akan menjadi lebih cerah dan segar. Vitamin C merupakan salah satu bahan serum wajah yang paling populer karena memang bisa menjadikan wajah yang kusam menjadi lebih cerah. Tips kulit cerah alami menggunakan lemon bisa dicampurkan dengan 2 sendok makan madu kemudian diaplikasikan ke wajah dan didiamkan selama 15 menit.
2. Menyembuhkan Jerawat
Jerawat dapat timbul karena kotoran yang menyumbat pori-pori wajah tidak dibersihkan dengan baik, sehingga menimbulkan infeksi dan menjadikannya meradang. Tidak hanya sebagai tips kulit cerah alami, namun lemon juga bisa difungsikan sebagai obat jerawat karena kemampuannya untuk membersihkan kotoran di kulit hingga ke bagian yang tertutup oleh pori-pori. Karena sifatnya yang asam, sebaiknya tidak menggunakan air lemon untuk jerawat yang terbuka atau pecah karena bisa menimbulkan rasa perih. Untuk itu, menggunakan air lemon untuk obat jerawat cukup dengan mengoleskannya menggunakan cotton bud ke jerawat yang sudah matang. Vitamin C pada lemon juga bisa menghilangkan bekas luka atau noda di wajah karena jerawat.
3. Menghilangkan Minyak di Wajah
Kulit berminyak cenderung lebih mudah timbul jerawat karena pori-pori yang tertutup oleh lapisan minyak. Minyak yang berlebihan di wajah juga bisa membuat kotoran dan debu menempel di kulit sehingga kulit tampak mengilap dan kusam. Untuk menghindari kulit yang mengkilap banyak wanita yang menggunakan riasan tebal di wajah. Padahal riasan yang terlalu tebal justru bisa memicu munculnya jerawat karena riasan yang masuk ke dalam pori-pori dan tidak mudah dihilangkan hanya dengan membersihkan muka saja. Tips kulit cerah alami dan menghilangkan minyak menggunakan lemon bisa langsung dilakukan dengan cara mengusapkan potongan jeruk lemon lalu bilas dengan air dingin.
4. Membersihkan Wajah dari Komedo
Tidak perlu bersakit-sakit melakukan facial ke salon kecantikan untuk mengangkat komedo atau menggunakan plester komedo untuk menghilangkan komedo di wajah. Tips kulit cerah alami menggunakan kehebatan lemon bisa juga dilakukan untuk mengangkat komedo dengan cara yang nyaman tanpa harus sakit dan kulit menjadi merah. Komedo yang merupakan bintik-bintik kecil di bagian hidung dan area pipi bisa membuat kulit wajah tidak mulus dan pori-pori membesar. Membersihkan wajah dari komedo bisa dengan mengusapkan air perasan lemon menggunakan kapas ke area wajah yang berkomedo setelah dibersihkan terlebih dahulu menggunakan sabun muka.