Cara menghilangkan bulu hidung dengan mencabut menjadi cara yang dilakukan banyak orang. Mencabut bulu hidung memang dirasa paling mudah dan tidak repot. Namun tahukah Minasan bahwa mencabut bulu hidung sebenarnya tidak dianjurkan? Hal ini karena mencabut bulu hidung langsung dengan tangan atau pinset memiliki risiko yang sangat berbahaya khususnya untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.
Sebelumnya perlu diketahui bila bulu hidung memiliki peranan penting yaitu sebagai filter partikel kecil yang mungkin saja masuk dalam hidung. Partikel yang dimaksud bisa berupa debu, bakteri, atau jamur yang tentunya cukup mengancam kesehatan. Peran bulu hidung memang penting, tetapi tidak jarang bulu hidung yang tumbuh lebih panjang sehingga kelihatan keluar membuat penampilan kurang maksimal. Selain itu, pastinya ada rasa tidak nyaman juga yang akhirnya memaksa diri untuk mencabut bulu hidung yang keluar. Padahal mencabut bulu hidung sebaiknya tidak dilakukan karena ada beberapa risiko berikut ini:
1. Infeksi Pada Rongga Hidung
Mencabut bulu hidung dapat menyebabkan infeksi pada rongga hidung. Hal ini dikarenakan akar bulu hidung berada di sekitar jaringan lunak. Pencabutan bulu hidung sampai ke akarnya dapat menyebabkan luka pada pada rongga hidung yang berpotensi pada infeksi. Lebih lanjutnya, setiap bulu hidung memiliki zat membran mukosa yang ampuh mencegah virus dan bakteri masuk dalam tubuh. Bila bulu hidung dicabut dan meninggalkan luka, maka ada kemungkinan virus dan bakteri masuk melalui luka tersebut dan menyebabkan infeksi. Inilah mengapa cara menghilangkan bulu hidung dengan mencabutnya tidak disarankan.
2. Bulu Hidung Tumbuh ke Dalam Kulit
Risiko selanjutnya adanya bulu hidung yang tumbuh ke dalam. Bulu hidung yang tercabut tentu akan diganti dengan bulu hidung yang baru. Sayangnya ada risiko bulu hidung baru dapat tumbuh masuk ke dalam kulit dan tidak kunjung keluar. Kondisi tersebut menyebabkan peradangan yang dibarengi dengan infeksi bakteri.
3. Sakit Kepala dan Radang Otak
Bekas luka yang ditinggalkan akibat cara menghilangkan bulu hidung dengan mencabut juga dapat menyebabkan munculnya bisul. Bisul pada hidung jauh lebih sakit dan lebih terasa nyeri dibandingkan bisul yang biasa tumbuh di bagian tubuh luar lainnya. Saking sakitnya dapat menyebabkan sakit kepala. Parahnya sakit kepala yang terasa sampai-sampai menyebabkan susah tidur.
4. Sakit Radang Otak
Bisul dalam hidung ini tidak bisa sembuh dengan sendirinya. Bila bisul tersebut tidak segera diobati dengan cara tepat bisa menyebabkan radang otak yang lebih parah. Karena dalam hidung terdapat pembuluh darah yang menuju langsung ke organ otak. Sehingga adanya luka dalam hidung dapat menjadi media virus atau bakteri menyerang otak. Adapun dalam hal ini biasanya dokter memberikan antibiotik sebagai obat.
Semoga ulasan mengenai resiko dan bahaya mencabut bulu hidung bisa meningkatkan kesadaran masing-masing orang, sehingga kebiasaan mencabut bulu hidung bisa dihentikan. Cara menghilangkan bulu hidung dengan mencabutnya sebenarnya juga bukan solusi yang efektif karena nyatanya bulu pada hidung malah akan tumbuh makin lebat dan makin panjang.
Sebagai solusi cara menghilangkan bulu hidung, Minasan bisa memotong dengan gunting kuku atau alat pemotong khusus yang lain untuk merapikan bulu. Cukup potong ujung bulu hidung yang terlihat keluar. Tidak perlu memotong bulu terlalu panjang karena bulu pada hidung memiliki peran penting seperti yang sudah disebutkan. Semoga bermanfaat.