Ingin berpakaian seksi namun kurang pede dengan bulu badan yang lebat? Bulu badan pada wanita memang bisa meruntuhkan rasa percaya diri karena menjadikan kulit tampak tidak mulus. Salah satu bulu badan yang sangat mengganggu adalah pada bulu ketiak. Wanita dengan bulu ketiak yang lebat selalu identik dengan image negatif, sehingga para wanita selalu mencari cara menghilangkan bulu di badan. Beberapa cara yang sering dilakukan adalah dengan mencabut atau mencukur. Mencabut bulu ketiak sebenarnya bukan cara yang baik karena bisa menimbulkan infeksi pada pembuluh darah ketiak. Mencukur juga bisa berdampak pada kulit ketiak yang menghitam. Lalu bagaimana solusi menghilangkan bulu ketiak yang benar dan aman?
1. Bersihkan Area yang Akan Dicukur
Cara menghilangkan bulu di badan yang pertama adalah dengan membersihkan terlebih dahulu bagian yang akan dicukur. Sebelum dicukur, bersihkan ketiak atau bagian tubuh lainnya dari kotoran dan sisa deodorant yang biasanya menyebabkan bulu ketiak menggumpal dan mengeras. Dengan membersihkan bulu ketiak terlebih dulu, bulu akan lebih mudah dicukur dan mengurangi resiko terjadinya infeksi pada ketiak. Infeksi bisa terjadi bila sisa kotoran pada bulu ketiak masuk ke dalam luka karena habis dicukur dan menyebar ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Hal ini juga berlaku jika Minasan ingin mencukur bulu kaki.
2. Gunakan Shaving Gel
Cara menghilangkan bulu di badan dengan aman adalah dengan menggunakan shaving gel atau krim cukur pada bagian tubuh yang ingin dicukur untuk melembabkan kulit di sekitarnya, dan agar lebih mudah dicukur. Kulit yang kering akan lebih mudah terluka jika bergesekan dengan pisau cukur dibandingkan kulit yang lembap. Selain itu menggunakan shaving gel juga berguna untuk menghindari timbulnya rasa gatal sehabis mencukur. Apabila Minasan tidak punya atau tidak bisa menemukan shaving gel yang fungsinya melembabkan kulit, Minasan bisa menggunakan foam pembersih wajah yang teksturnya lembut.
3. Arah Gerakan Mencukur
Agar hasil cukuran bisa lebih baik dan mulus, Minasan harus menarik permukaan kulit serentang mungkin. Untuk bulu ketiak miasalnya, caranya adalah dengan mengangkat tangan dan lingkarkan di atas kepala lalu letakkan di sisi telinga. Karena bulu ketiak tumbuh tidak satu arah, maka mulailah mencukur dengan gerakan dari atas ke bawah, lalu dari sisi ke sisi. Tidak perlu melakukan gerakan berulang-ulang karena bisa meningkatkan resiko iritas. Maka dari itu gunakanlah pisau cukur yang cukup tajam dan rutin diganti untuk cara menghilangkan bulu di badan yang aman.
4. Jangan Terlalu Sering Mencukur
Terlalu sering mencukur bulu juga akan menyebabkan kulit menghitam. Hal ini dikarenakan infeksi-infeksi kecil yang tidak Minasan sadari dan menyebabkan permukaan kulit ketiak menjadi berubah warna. Minasan bisa mencukur bulu ketiak setidaknya sampai sebanyak 2 minggu sekali atau hanya pada acara-acara tertentu saja, karena bulu ketiak memiliki fungsi sebagai sensor tubuh. Setelah proses mencukur selalu akhiri dengan mengoleskan pelembab ke permukaan kulit agar tidak kering dan gatal-gatal.