Mengecilkan pori-pori kulit wajah bisa dilakukan melalui perawatan kulit yang tepat. Pasalnya pori-pori besar dapat memicu sejumlah masalah lain pada kulit. Pori-pori wajah yang membesar menyebabkan kandungan minyak yang tersimpan akan semakin banyak. Inilah yang menjelaskan mengapa seseorang dengan pori-pori besar lebih berisiko mengalami masalah kulit. Selain itu, pori-pori besar juga menyebabkan riasan yang dipoles akan lebih cepat pudar. Lalu bagaimana solusi atau cara mengecilkan pori-pori yang membesar? Tidak perlu khawatir karena berikut ini adalah beberapa cara tradisional yang bisa Minasan coba:
1. Bersihkan Wajah Secara Rutin
Rutin membersihkan wajah menjadi satu cara pertama yang mesti dilakukan. Adanya debu dan kotoran yang menempel dapat membuat pori-pori makin besar. Oleh karena itu, usahakan untuk membersihkan wajah minimal dua kali sehari yaitu setiap pagi dan malam sebelum tidur. Namun bila sepanjang hari Minasan aktif bekerja di luar ruangan dan sering terpapar debu atau polusi, bersihkan wajah paling tidak 3 kali sehari menggunakan produk pembersih yang cocok dengan jenis kulit.
2. Uap Wajah
Cara tradisional mengecilkan pori-pori wajah adalah dengan uap wajah. Perawatan ini dapat dilakukan secara mudah bahkan di rumah. Minasan cukup mengambil air panas dan menempatkannya dalam baskom. Posisikan wajah Minasan di depan baskom agar terkena uap panas air. Jangan terlalu dekat jaga jarak kurang lebih 20 cm. Tutup kepala Minasan dengan haduk untuk menahan uap panasnya. Perawatan dengan uap ini baik dilakukan secara rutin agar pori-pori wajah mengecil. Untuk hasil optimal Minasan bisa mencampurkan beberapa bahan alami seperti mint, ekstrak jeruk, minyak zaitun, atau lainnya dalam air panas yang digunakan untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah.
3. Perawatan Scrub
Perawatan scrub efektif mengusir sel-sel kulit mati yang tertinggal dan menumpuk pada kulit wajah. Sekarang ini banyak dijual produk scrub di pasaran. Namun pastikan Minasan memilih scrub dengan kandungan alami dan cocok untuk jenis kulit Minasan. Alternatif lain Minasan bisa membuat scrub alami sendiri dengan mencampurkan minyak zaitun dengan garam. Aplikasikan srcub secara merata sambil dipijit ringan. Perawatan rutin bisa dilakukan minimal satu minggu sekali. Kulit wajah yang lebih bersih dan rutin dirawat dengan tepat tentunya dapat membantu pori-pori kulit agar tidak semakin membesar.
4. Olahraga Teratur
Olahraga teratur ternyata juga dapat membantu mengecilkan pori-pori wajah. Hal ini karena olahraga baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan olahraga teratur minimal 1 jam setiap harinya kulit wajah Minasan akan lebih sehat dan kencang. Sehingga secara tidak langsung hal tersebut juga bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah. Tidak perlu olahraga berat. Beberapa olahraga ringan seperti peregangan atau berlari baik sekiranya dapat memberi hasil maksimal.
5. Masker Putih Telur
Putih telur diketahui memiliki kandungan enzim dan asam amino yang bermanfaat meremajakan kulit serta mengecilkan pori-pori yang membesar. Manfaat ini dapat Minasan peroleh dengan membuat masker putih telur. Pisahkan putih telur dari kuningnya. Oleskan putih telur secara merata pada wajah lalu tutup dengan tisu. Tunggu sampai masker benar-benar kering. Bila sudah lepaskan tisu penutup. Perawatan tradisional mengecilkan pori-pori kulit wajah ini juga efektif mengangkat kotoran menempel dan mengecangkan kulit.
Itulah beberapa cara tradisional yang dapat Minasan lakukan untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah. Tentu tidak membutuhkan biaya mahal, bahkan semua perawatan tradisional di atas sangat mudah dicoba sendiri di rumah. Agar hasil perawatan terasa maksimal ingat untuk selalu menjaga kebersihan kulit wajah Minasan setiap hari. Selamat mencoba.