Sinar matahari bisa memberikan dampak positif bagi tubuh, namun pengaruh sinar ultraviolet yang mengenai kulit secara langsung tentu bisa menjadi dampak negatif bagi kesehatan kulit. Memang manusia membutuhkan sinar matahari untuk pembentukan vitamin D dalam tubuh yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membangun kekuatan tulang serta gigi. Sinar matahari juga bisa membantu sistem metabolisme untuk menurunkan kadar kolesterol serta resiko penyakit kardiovaskular.
Namun sayangnya manfaat dari sinar matahari hanya bisa Minasan nikmati pada pagi hari saja selama beberapa menit. Lebih dari itu, gelombang sinar ultraviolet A dan B bisa menembus lapisan dalam kulit dan merusak sel-sel sehingga terbentuk melanin yang bisa menggelapkan warna kulit. Resiko yang lebih besar dari sinar UV adalah munculnya kanker kulit. Sinar ultraviolet merupakan salah satu jenis radikal bebas dan untuk menangkalnya diperlukan antioksidan. Berikut adalah makanan sumber antioksidan yang bisa mengatasi pengaruh sinar ultraviolet pada kulit.
1. Ikan salmon
Ikan salmon merupakan makanan yang paling baik kandungan antioksidannya untuk menangkal pengaruh sinar ultraviolet pada kulit. Ikan ini mengandung omega 3 dalam jumlah yang sangat cukup untuk kebutuhan tubuh melawan radikal bebas sinar matahari. Lemak dalam ikan salmon juga merupakan jenis lemak baik sehingga bisa mengurangi kadar lemak jahat dalam tubuh. Kulit yang setiap hari terkena sinar matahari bisa tetap terjaga jika Minasan mengkonsumsi salmon sebanyak 2 kali dalam seminggu. Rutin memakan salmon akan membuat kulit Minasan tetap awet muda dan terhindar dari penuaan dini seperti flek-flek hitam atau kerutan.
2. Cokelat
Mungkin Minasan pernah mencoba menggunakan cokelat sebagai masker atau lulur di tempat spa. Cokelat memang mengandung antioksidan yang cukup tinggi dan kandungan polifenolnya bisa menangkal radikal bebas sehingga bisa membuat kulit tetap mulus. Harap diperhatikan, cokelat yang dikonsumsi sebaiknya adalah jenis cokelat hitam atau dark chocolate dengan kandungan kakao lebih dari 70% untuk menghindari resiko kegemukan atau diabetes jika mengkonsumsi milk chocolate. Tidak hanya pengaruh sinar ultraviolet pada kulit saja yang bisa ditangkis oleh cokelat, namun juga resiko terkena penyakit jantung.
3. Alpukat
Minasan yang gemar dengan minuman jus buah mungkin bertanya-tanya mengapa harga segelas jus alpukat lebih mahal dibanding yang lain. Selain karena termasuk buah musiman, jus alpukat juga mengandung vitamin E yang sangat dibutuhkan oleh kulit agar tetap muda. Kandungan vitamin E pada buah alpukat cukup tinggi dan bisa dimanfaatkan dengan cara dijadikan masker atau dikonsumsi menjadi berbagai jenis minuman yang lezat. Vitamin E adalah zat antioksidan yang bisa melindungi kulit dari pengaruh sinar ultraviolet pada kulit sehingga kulit tidak mudah terbakar atau kering.
4. Strawberry
Jika bosan mengkonsumsi buah jeruk untuk mengatasi pengaruh sinar ultraviolet pada kulit, Minasan bisa mendapatkan vitamin C dari buah strawberry. Vitamin C adalah musuh bebuyutan dari radikal bebas karena merupakan bahan aktif yang bisa memperkuat sel-sel di kulit agar tidak mudah terpengaruh oleh radikal bebas. Vitamin C bisa membuat warna kulit menjadi semakin cerah dan mencegah timbulnya flek hitam serta kerutan halus sehingga Minasan akan tampak lebih awet muda.