Keberadaan flek hitam pada wajah tentu sangat mengganggu. Namun bintik hitam pada wajah itu sendiri cukup identik dengan keberadaan jerawat. Hal ini karena adanya bintik hitam biasanya timbul dari bekas jerawat membandel. Selain itu, bintik hitam juga bisa muncul karena adanya kontak langsung dengan paparan sinar matahari. Apa pun penyebabnya tentu memang dirasa penting untuk mengusir bintik hitam demi menunjang penampilan.
Sebenarnya flek hitam dapat muncul di bagian tubuh mana saja, misal di tangan, pundak, punggung, dan kulit kepala. Jadi tidak selalu di wajah. Kondisi tersebut salah satunya karena tidak adanya keseimbangan hormon dalam tubuh atau karena penggunaan obat tertentu, kekurangan vitamin, dan mineral. Untuk menghilangkan bintik hitam di wajah atau di tubuh memang bukan pekara mudah, tetapi tidak lantas mustahil dilakukan. Dalam hal ini ada beberapa solusi alternatif efektif yang bisa dicoba, diantaranya yaitu:
1. Yogurt
Alternatif pertama yaitu menggunakan yogurt. Caranya mudah saja. Minasan hanya perlu mengaplikasikan yogurt secara langsung pada area munculnya flek. Diamkan sampai kering dan lanjutkan dengan bilas air dingin. Untuk opsi lain cobalah mengaplikasikan yogurt sebelum tidur dan biarkan sampai pagi hari. Selesai memoleskan yogurt aplikasikan pelembab dan ulangi perawatan dengan yogurt agar flek hitam segera hilang.
2. Air Mawar
Selain yogurt, Minasan dapat memanfaatkan sari air mawar untuk mengusir flek yang membandel. Sari air mawar dapat diaplikasikan ke wajah sebelum tidur dan biarkan sampai pagi. Untuk hasil optimal lakukan perawatan 2 kali sehari rutin selama 1 bulan penuh. Asal rutin dilakukan Minasan bisa mendapatkan hasil optimal yang diinginkan.
3. Vitamin C
Untuk menyamarkan flek hitam pada wajah dianjurkan pula mengkonsumsi vitamin C setiap hari. Buah lemon adalah salah satu sumber vitamin C tertinggi. Selain dikonsumsi, Minasan dapat memanfaatkan sari alaminya untuk perawatan wajah. Usapkan air perasan lemon secara merata di area munculnya flek. Kandungan vitamin C dalam lemon diyakini ampuh menyamarkan bintik hitam membandel.
4. Jus Bawang Merah
Siapa sangka bila jus bawang merah juga berkhasiat menyamarkan flek hitam pada wajah. Dalam hal ini Minasan hanya perlu membuat jus dari beberapa siung bawang merah. Jus bawang merah yang telah siap bisa langsung diaplikasikan pada area munculnya bintik hitam. Minasan juga bisa meletakkan sepotong bawang merah yang sudah diiris pada flek hitam. Cara ini sangat mudah untuk dicoba sendiri di rumah.
5. Alpukat
Alpukat diketahui memiliki kandungan minyak esensial yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, salah satunya untuk mengusir flek membandel. Minasan bisa menghaluskan daging alpukat lalu dicampur dengan beberapa sendok madu asli. Perawatan dengan alpukat ini baik dilakukan menjelang tidur secara rutin agar dapat memberi hasil optimal.
Sejumlah cara di atas tentu sangat mudah dilakukan sendiri di rumah. Pastinya biaya yang Minasan butuhkan juga tidak terlalu mahal sehingga tidak sampai menguras isi dompet. Cara ini juga tergolong efektif mengusir flek hitam dan aman karena memanfaatkan bahan alami pilihan.