Timbulnya bintik-bintik merah dan rasa gatal pada kulit bisa berarti dua kemungkinan, biang keringat atau merupakan reaksi alergi. Biang keringat atau bahasa medisnya disebut dengan miliria merupakan kondisi di mana tersumbatnya saluran keringat pada pori-pori sehingga kulit mengalami peradangan dan muncul bintik serta terasa gatal. Sedangkan alergi merupakan reaksi kekebalan tubuh terhadap paparan yang menimbulkan alergi atau disebut dengan allergen. Keduanya sama-sama menyebabkan kulit menjadi kemerahan dan terasa gatal, tetapi cara penanganannya berbeda. Jika obat biang keringat bisa dengan membersihkan tubuh sehingga pori-pori bisa terbuka, namun pada alergi diperlukan obat dari dokter terlebih bila reaksinya cukup parah. Berikut adalah cara untuk membedakan biang keringat dengan alergi.
1. Kenali Penyebabnya
Obat biang keringat yang efektif adalah dengan rutin membersihkan tubuh setidaknya mandi dua kali sehari, hal ini dikarenakan biang keringat terjadi karena pori-pori tubuh yang tersumbat. Penyumbatan pori-pori bisa dikarenakan kotoran yang menutupi lapisan kulit ditambah dengan udara yang panas dengan kelembaban yang tinggi. Sedangkan untuk alergi, ia memang bisa timbul karena dipicu oleh udara yang panas namun perbedaan terletak pada rasa gatalnya. Pada bintik merah yang disebabkan oleh alergi ia akan terasa sangat gatal pada serangan pertama namun akan menurun dengan sendirinya seiring dengan penurunan suhu udara.
2. Letak Bintik yang Muncul
Obat biang keringat selanjutnya adalah dengan mengenakan pakaian yang tidak tebal dan berbahan menyerap keringat sehingga sirkulasi udaranya bagus. Sumber gatal juga bisa disebabkan oleh penyumbatan saluran keringat yang bisa disebabkan karena mengenakan pakaian yang tidak pas. Bintik-bintik merah pada biang keringat biasanya muncul pada bagian tubuh yang tertutup oleh pakaian seperti dada, punggung, leher, dan siku. Sedangkan untuk alergi bintik-bintik yang muncul bisa di mana saja karena tidak terpengaruh oleh pori-pori yang tertutup melainkan terkena oleh allergen misalnya serbuk bunga, debu, bulu hewan, perubahan suhu, makanan dan minuman tertentu, dan sebagainya.
3. Gejala yang Mengikuti
Jika timbul bintik merah pada kulit dikarenakan biang keringat, biasanya tidak diikuti dengan gejala yang lain. Sebaliknya apabila bintik merah yang timbul adalah karena alergi, biasanya akan muncul gejala yang lain seperti muntah, bersin-bersin, diare, bahkan bisa menyebabkan kejang. Oleh karena itu obat biang keringat tradisional saja sudah cukup untuk mengatasi bintik merah. Obat biang keringat tidak bisa digunakan untuk mengobati alergi karena berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh yang mendeteksi adanya invasi dari zat asing masuk ke dalam tubuh.
4. Faktor Genetik
Timbulnya bintik merah dengan rasa gatal-gatal pada biang keringat bisa disebabkan oleh cuaca yang panas dengan kelembaban tinggi. Keadaan cuaca seperti itu akan membuat suhu tubuh meningkat namun tidak bisa melaksanakan mekanisme pendinginan dengan mengeluarkan keringat sebagaimana mestinya karena saluran yang tertutup. Jadi penyebab keluarnya bintik merah pada biang keringat murni karena penyebab dari luar. Sedangkan untuk alergi, ada penyebab yang tidak bisa dihindari yaitu faktor genetik. Jika ada anggota keluarga Minasan yang memiliki riwayat alergi maka ada kemungkinan Minasan juga akan mewarisi kondisi tersebut. Maka dari itu alergi tidak bisa diobati dengan obat biang keringat biasa.