Bagi sebagian orang, memulai hari dengan secangkir kopi sudah menjadi kebiasaan yang umum. Beragam alasan mulai dari menghilangkan kantuk, rutinitas hingga penambah semangat menjadi faktor pendorong mengapa kopi begitu diminati. Ternyata, khasiat kopi tidak berhenti sampai disitu saja lho, Minasan. Manfaat ekstra dari kopi dapat diperoleh dengan meminum kopi sebelum melakukan olahraga saat diet.
source: https://www.google.com/search?q=minum+kopi&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0CAcQ_AUoAWoVChMIwavsjefVxwIVUAiOCh0XtwDL&biw=1138&bih=519#imgrc=FROx6U66CpLh0M%3A
Sebuah penelitian di Spanyol yang dipublikasikan dalam International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism mengungkapkan bahwa meminum kopi sebelum berolahraga dapat mengoptimalkan proses pembakaran lemak. Atlet yang mengonsumsi kopi sebelum berolahraga membakar 15 persen kalori lebih banyak hingga tiga jam setelah olahraga. Peneliti mengatakan dosis yang dibutuhkan untuk menghasilkan dampak tersebut adalah 4,5 mg kafein per kilogram berat badan. Sehingga bagi wanita dengan berat badan 68 kilogram, kira-kira membutuhkan 300 mg kafein.
source: http://news.health.com/2014/06/19/5-reasons-to-drink-coffee-before-your-workout/
Proses pembakaran lemak ini menjadi lebih efektif karena adanya kandungan kafein dalam kopi. The Australian Institute of Sport menemukan bahwa ternyata kafein dapat merangsang otot untuk menggunakan lemak sebagai bahan bakar daripada menggunakan karbohidrat.
Jaringan adiposa adalah struktur utama dalam tubuh untuk menyimpan lemak sebagai cadangan energi. Jaringan adiposa terdapat di seluruh tubuh tepatnya di bawah kulit Minasan. Pada sel-sel lemak dalam jaringan ini terdapat reseptor yang bernama Nucleotide adenosine, yang pada saat saat tertentu dapat menghalangi pelepasan lemak dari jaringan adiposa. Saat kafein masuk kedalam tubuh, ia akan mengikat reseptor sel sel lemak dan kemampuan nucleotide adenosine akan menurun, sehingga proses pelepasan lemak dari jaringan adiposa dapat berjalan maksimal.
Selain membakar lemak dengan lebih cepat, mengonsumsi kopi sebelum olahraga saat diet juga memberikan beberapa manfaat lain.

Mengurangi Kelelahan

International Coffee Organization mengatakan kafein yang terkandung dalam secangkir kopi atau setara dengan 150 gram kafein dapat mengurangi kelelahan dan meningkatkan kinerja latihan. Sehingga Minasan tidak perlu khawatir lagi akan kelelahan dan tidak bersemangat beraktivitas bila berolahraga di pagi hari.

Mengurangi Rasa Sakit

Bagi Minasan yang jarang berolahraga, memulai latihan olah tubuh bukanlah hal yang ringan. Tubuh mungkin saja mengalami rasa sakit di beberapa bagian karena tidak biasa digerakan. Peneliti dari Illinois menemukan bahwa mengonsumsi beberapa cangkir kopi satu jam sebelum berolahraga akan mengurangi nyeri otot setelahnya. Hal ini dikarenakan kafein dalam kopi mendorong otot lebih kuat saat berolahraga sehingga kekuatan dan ketahanan otot pun menjadi lebih baik.

Meningkatkan Daya Ingat

Studi dalam Johns Hopkins University menemukan, kafein mampu meningkatkan ingatan hingga 24 jam setelah dikonsumsi. Hal ini adalah manfaat ekstra bagi Minasan. Setelah berolahraga, kamu pasti menghadapi berbagai aktivitas seperti sekolah dan dunia pekerjaan yang menuntut ingatan yang baik. Dengan meminum kopi di pagi hari, kamu bisa memperoleh manfaat daya ingat lebih baik hingga performa kerja meningkat.
Secara garis besar kafein memang bisa membuat Minasan menjadi lebih semangat dan olahraga menjadi lebih menyenangkan. Kafein juga mencegah kamu makan berlebihan di siang atau sore hari. Namun, bukan berarti Minasan bebas meminum semua jenis kopi tanpa takaran. Manfaat di atas hanya dapat di peroleh bila kopi memiliki takaran kafein yang pas dan sesuai dengan kebutuhan. Mengonsumsi kopi tanpa aturan justru akan membuat Minasan mengalami perih lambung, mual serta pusing.
source: https://www.google.com/search?q=kopi+hitam&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0CAcQ_AUoAWoVChMI47XSt_bVxwIVgZ6OCh0ySApL&biw=1138&bih=519#imgdii=qCIQ3h42QfnmMM%3A%3BqCIQ3h42QfnmMM%3A%3BEfEufPrm9sEyqM%3A&imgrc=qCIQ3h42QfnmMM%3A
Menurut American Journal of Epidemiology, kopi hitam adalah kopi yang paling tepat untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Hal itu disebabkan kandungan kalori dan lemaknya hanya mengandung 160 mg kafein. Di dalam satu cangkir kopi hitam, hanya mengandung lima kalori, kurang dari satu gram protein, nol persen lemak dan karbohidrat. Selain itu, kopi hitam yang telah disaring tidak memberikan efek negatif pada kolestrol darah.
source: http://majalahkartini.co.id/keluarga-karier/kenali-4-jenis-kopi-yang-baik-bagi-kesehatan
Perlu diingat, minumlah kopi tanpa tambahan krim, gula ataupun susu. Hal ini dikarenakan penambahan bahan-bahan tersebut hanya akan menambah asupan yang tidak perlu dalam program diet Minasan. Hindari juga mengonsumsi kopi dalam bentuk kemasan, karena mengandung kalori yang lebih tinggi selain itu pengawet, pewarna dan penambah rasa dalam kopi instan membawa dampak kesehatan yang kurang baik bila dikonsumsi terus menerus.
Dengan memperhatikan pola makan dan porsi olahraga yang tepat, minum kopi sebelum olahraga saat diet dapat membantu proses pembakaran lemak menjadi lebih efektif. Dibandingkan menggunakan obat-obatan pelangsing yang mengandung bahan kimia. Cara yang satu ini lebih sehat dan menyenangkan.