Cek Menu Sebelum Pergi

Hampir semua restoran sekarang sudah mencantumkan menunya di internet. Untuk Minasan yang sedang diet, daftar menu tersebut adalah teman terbaik Minasan. Mungkin Minasan bisa menemukan kecocokan menu makanan di sana dengan makanan yang ada di menu untuk diet. Jika tidak ada, jangan lupa hitung kalori yang ada di makanan kemudian pilihlah yang paling mendekati kriteria makanan untuk diet. Cek pula bagaimana makanan tersebut dimasak, apakah digoreng, direbus, atau dipanggang. Mengecek menu ini bukan hanya untuk memilih makanan untuk dipesan, tetapi juga untuk menghindari menu yang harus dihindari. Dengan melakukan ini, Minasan tidak perlu khawatir lagi memilih dan tidak akan merasa gelisah saat makan memikirkan apa saja yang ada dalam makanan tersebut. Sebelum melakukan ini, lebih baik jika Minasan mengetahui makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dimakan sesuai dengan menu untuk diet yang Minasan jalani sehingga memudahkan untuk memilih makanan.
source: http://www.cheatsheet.com/life/5-ways-to-avoid-devastating-your-diet-while-eating-out.html/?a=viewall

Jangan Ragu Mengganti Restoran

Dengan mengecek menu, Minasan dapat mengetahui apakah restoran ini mendukung diet atau tidak. Kalau Minasan benar-benar berniat untuk diet, lebih baik tidak menyiksa diri dengan pergi ke tempat yang tidak cocok sama sekali dengan rencana diet, contohnya saja restoran buffet. Bicaralah dengan teman atau keluarga agar pergi ke tempat lain yang menu makanannya lebih sesuai dengan menu untuk diet. Hal ini pasti akan lebih baik daripada hanya menonton, atau bahkan kemudian menyerah karena tidak tahan.

Makan Dulu Sebelum Makan

Sebelum pergi makan di luar, makanlah makanan yang ada dalam menu untuk diet yang Minasan pilih. Namun, tentu saja jangan terlalu banyak. Makan secukupnya saja agar Minasan tidak terlalu lapar untuk menentukan pilihan yang tepat. Misalnya memakan makanan ringan, seperti kacang almond. Dengan begitu, Minasan tidak berada dalam kondisi sangat lapar ketika melihat menu di restoran yang memungkinkan Minasan untuk memesan makanan yang tidak seharusnya dipesan.
source: http://www.womenshealthmag.com/weight-loss/eating-out-while-dieting

Malu Bertanya Rusaklah Diet

Jika hasil riset Minasan tidak cukup, janganlah malu-malu bertanya pada pelayan restoran tentang makanan yang ada di menu. Mungkin Minasan dapat bertanya bagaimana makanan dimasak jika itu tidak terlihat di dalam daftar menu. Mintalah saran pada mereka untuk memilihkan makanan jika memang Minasan tidak sempat mengecek menu sebelumnya. Jangan takut juga untuk meminta pesanan khusus, misalnya meminta porsi setengah dari biasanya atau meminta mengganti salah satu item menjadi sayur yang lebih cocok untuk diet. Selain itu, pastikan untuk memesan sayuran dengan cara memasak yang sesuai dengan diet.
source: http://fashmax.uk/6-steps-to-eating-healthy-while-socializing/

Jadilah Orang yang Pertama

Setelah mendengar pesanan orang lain, biasanya banyak dari kita akan merasa tergoda untuk memesan yang sama pula. Saat memesan makanan, kalau bisa jadilah orang pertama yang memesan. Dengan begitu, Minasan tidak akan terbawa arus makanan-makanan yang sudah dipesan oleh orang lain. Belum tentu makanan tersebut cocok dimasukkan sebagai makanan saat diet.

Memilih Minuman Saat Memesan

Setelah memesan makanan yang sudah dipilih dengan baik, disarankan jangan memesan minuman yang "berbahaya" untuk diet Minasan. Lebih baik jika Minasan memesan air putih sebagai teman makan daripada soft drink. Biasanya, minuman akan datang terlebih dahulu daripada makanan. Mungkin seringkali orang menunggu makanan dengan sesekali minum. Terlebih lagi, jika Minasan pergi dengan teman-teman atau anggota keluarga yang ramai sehingga cepat membuat tenggorokan menjadi kering. Nah, maka dari itu minuman akan penting sekali untuk diperhatikan. Dengan memesan air putih, akan mengurangi kemungkinan gagalnya diet yang sedang dijalani.
source: http://www.cheatsheet.com/life/5-ways-to-avoid-devastating-your-diet-while-eating-out.html/?a=viewall