1. Matikan TV dan Letakkan Buku Saat Makan


Kebiasaan makan sambil nonton TV atau membaca buku membuatmu tidak memegang kendali seluruhnya pada makanan. Setelah sadar, ternyata kamu sudah menghabiskan satu toples popcorn asin dan dua gelas minuman bersoda.
source: http://www.skinnymom.com/2014/04/04/5-diet-mistakes-youre-making/

2. Kunyah Makanan 32 kali


Biasakan mengunyah makanan sebanyak 32 kali. Dengan demikian, makanan yang masuk ke perut akan lebih mudah dicerna sehingga proses penyerapan nutrisinya lebih maksimal.
source: http://rabiatulmarliana.blogspot.com/2012/03/harus-berapa-kali-mengunyah-makanan.html

3. Nikmati waktu makanmu


Makan dengan perlahan untuk menikmati waktu makanmu. Kamu akan bisa merasakan rasa makanan dengan lebih cermat, selain itu cara ini akan membuat kamu merasa lebih cepat kenyang.
source: http://sehat-bugar-selalu.blogspot.com/2010/12/tips-efektif-bersama-aerobik.html

4. Selingi Dengan Minum Air Putih


Sebelum atau saat makan, selingi dengan minum segelas air putih. Dengan begini perut akan terasa lebih kenyang sehingga porsi makanmu jadi lebih sedikit.
source: http://alancykok.blogspot.com/2012/12/top-7-myths-about-drinking-water-busted.html

5. Kurangi Asupan Garam


Kebanyakan orang cenderung menambahkan garam pada makanan berkuah. Jangan lakukan hal ini karena terlalu banyak garam dapat meningkatkan risiko dehidrasi. Mengurangi asupan garam saat diet akan membantu menurunkan berat badan.
source: http://www.esensi.co.id/health-a-beauty/healthy-living/1455-batas-konsumsi-garam-per-hari.html

6. Hindari Minuman Berkalori Saat Makan


Ketika sedang makan, hindari minum minuman berkalori tinggi. Segelas soda dapat mengandung 150 kalori, segelas milkshake mengandung 300-500 kalori dan segelas blended coffee dapat mengandung 500-600 kalori. Jika digabungkan dengan menu makanan berat, kalori yang masuk ke tubuh akan menyebabkan berat badan berlebih. Untuk itu minumlah air putih atau teh tanpa gula.
source: http://diet-fitness.healthguru.com/topic/quick-tips-diet/nutrition-rules/nutrition-rules

7. Rancang Menu Makananmu


Buat menu khusus yang akan kamu santap selama satu minggu depan beserta jumlah kalorinya. Dengan merancang menu makanan, kamu akan bisa memperkirakan kalori yang masuk ke dalam tubuh sehingga menurunkan berat badan menjadi lebih mudah.
source: https://www.famtivity.com/blog/family-dinner-menu-planning/
Untuk menurunkan berat badan, kamu hanya perlu disiplin dan menjaga pola makan secara tepat. Ingat selalu untuk menjaga cara makan agar proses penurunan berat badan menjadi lebih mudah.