Jangan Lupa Selalu Sarapan

Sarapan merupakan hal yang wajib dilakukan jika ingin memiliki pola makan sehat saat diet. Namun,sebelum mengkonsumsi apapun, minumlah segelas air mineral terlebih dahulu kemudian makanlah makanan yang mengandung protein dan serat seperti telur rebus atau ayam, sayuran dan roti panggang atau kentang. Ingat Minasan, tubuh ini masih memerlukan karbohidrat sebagai sumber energi, jadi jangan dihilangkan tapi ganti jenis asupan karbohidrat dari beras/nasi menjadi kentang atau roti gandum.
source: http://www.byrdie.com/ballerina-diet

Jangan Terlalu Kenyang Saat Makan Siang

Pada jam makan siang, para penari biasanya mengonsumsi salad. Mengapa salad? Jika mengonsumsi makanan yang terlalu berat, maka tubuh mereka akan cepat lelah dan mengantuk sehingga susah untuk bergerak dan berpikir. Salad yang mereka konsumsi merupakan salad yang penuh dengan sayuran dan ptotein yang berasal dari ikan atau ayam yang dipanggang.
source: http://www.livestrong.com/article/162703-healthy-diets-for-dancers/

Makan Malam yang Seimbang

Komposisi makan malam lebih padat dibandingkan makan siang. Salah satu menu yang sering dikonsumsi adalah ikan atau ayam panggang dengan tomat panggang serta brokoli dan ubi panggang sebagai asupan karbohidrat. Jika ingin mengonsumsi nasi, sebaiknya Minasan mengonsumsi nasi merah yang lebih rendah karbohidratnya jika dibandingkan dengan nasi putih. Disarankan Minasan mengonsumsi makan malam 4 jam sebelum tidur agar tubuh memiliki waktu yang cukup untuk mencerna makanan pada saat sedang menjalani pola makan yang sehat saat diet.
source: http://www.glamour.com/health-fitness/blogs/vitamin-g/2014/06/ballerina-diet-exercise-eating-plan

Cemilan yang Mendukung Program Diet

Bagi Minasan yang suka ngemil namun ingin diet jangan khawatir, karena ngemil merupakan bagian dari pola makan yang sehat saat sedang diet.Namun, Minasan tidak boleh mengonsumsi sembarang camilan, seperti camilan yang mengandung banyak penyedap rasa, minyak atau pemanis buatan. Sebagai alternatifnya, kacang almond panggang bisa menjadi pilihan Minasan yang menyukai cemilan renyah atau buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, strawberry atau kiwi. Bisa juga menikmati potongan mangga dan strawberry yang dicampurkan dengan yogurt. Jika ingin camilan yang lebih mengenyangkan Minasan bisa mencoba yogurt, apel dan pisang yang diblender.
source: http://www.thecoveteur.com/ballet-dancer-meals/

Jangan Sembarangan Pilih Minuman

Soda dan berbagai minuman manis lainnya merupakan musuh bagi para penari yang berkewajiban menjaga kesehatan tubuhnya. Selain mengonsumsi air mineral, para penari sering mengonsumsi jus yang terbuat dari sayuran dan buah ataupun smoothies. Para penari profesional juga biasanya tidak menghindari wine atau champagne ketika sedang diet, namun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak karena akan mempengaruhi stamina keesokan harinya. Minasan juga disarankan untuk menghindari minuman berenergi, karena minuman tersebut mengandung kadar gula yang sangat tinggi sehingga bisa menyebabkan diabetes.
source: http://www.dailymail.co.uk/health/article-1111462/My-eat-drink-dance-body-plan-Strictlys-Kristina.html

Nikmati Pencuci Mulut Rendah kalori

Bagi Minasan yang terbiasa mengonsumsi pencuci mulut atau dessert, jangan khawatir! Karena menikmati pencuci mulut tidak akan merusak program pola makan sehat saat sedang berdiet. Namun, yang perlu diperhatikan adalah bahan dan cara pengolahan dari pencuci mulut itu sendiri. Hindari pencuci mulut yang mengandung gula atau minyak, lebih baik menikmati pencuci mulut yang berbahan dasar buah atau makanan sehat lainnya yang terbuat dari apel dan rendah gula. Untuk melihat hasil dari program diet ini, Minasan harus rutin dan konsisten agar tubuh bugar dan indah yang Minasan inginkan dapat tercapai. Jangan mencoba diet yang menjanjikan hasil instan karena akan membahayakan kesehatan tubuh Minasan sendiri.
source: http://www.besthealthmag.ca/best-eats/diet/8-desserts-to-help-you-lose-weight?slide=2#C1BR8hW6jV63l4Oe.97