Bersihkan Makeup Dengan Benar

Jika dalam keseharian menggunakan makeup ataupun sunblock, tahap awal ini wajib untuk dilakukan agar pori-pori Minasan tidak tersumbat akibat makeup yang Minasan gunakan. Bersihkan secara menyeluruh dengan makeup remover atau facial oil. Jangan lupa bersihkan area mata dan bibir dengan tekanan yang lebih lembut agar mata dan bibir tidak teriritasi. Jika menggunakan facial oil, sebaiknya Minasan menggunakan air suam-suam kuku agar kotoran dan minyak luruh dengan sempurna.

Pilih Facial Cleanser yang Tepat

Setelah menghapus makeup dengan cleansing oil atau makeup remover, Minasan bisa melanjutkan dengan menggunakan facial cleanser atau facial scrub dengan butiran halus. Cara ini dinamakan dengan double cleansing. Manfaat double cleansing adalah membersihkan sisa-sisa kotoran dan bakteri yang tertinggal sehingga wajah menjadi lebih bersih. Bagi Minasan yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat sebaiknya menggunakan facial cleanser yang berbahan dasar salycid acid dan bagi yang berwajah kering lebih baik menggunakan facial cleanser yang bebas alkohol

Aplikasikan Toner atau Essence

Manfaat dari toner atau essence adalah mempersiapkan kulit agar serum yang nanti Minasan pakai lebih maksimal. Pilih serum yang sesuai dengan kebutuhan kulit Minasan. Jika kulit cenderung berminyak pilihlah essence/toner yang mengandung efek refreshner, toner jenis hydrating untuk kulit kering dan toner jenis calming untuk kulit sensitif atau menggunakan essence yang memiliki efek pencerah jika Minasan ingin melakukan perawatan pada wajah yang kusam.

Gunakan Serum yang Tepat

Serum merupakan konsentrat yang memiliki kemampuan untuk menyerap lebih cepat ke dalam kulit. Sebaiknya Minasan memilih serum yang sesuai dengan kebutuhan Minasan dan telaten dalam penggunaannya, karena serum baru menunjukan hasil yang signifikan pada saat kulit beregenerasi, yaitu pada hari ke-28 pemakaian. Serum yang mengandung niacinamide dapat Minasan gunakan sebagai serum perawatan kulit kusam karena dapat mencerahkan kulit dengan maksimal.

Pelembab yang Sesuai Dengan Jenis Kulit

Kulit kering ataupun berminyak membutuhkan krim yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit. Jika Minasan memiliki kulit berminyak, disarankan untuk menggunakan pelembab yang bertekstur gel dan bagi yang memiliki kulit kering sebaiknya gunakan krim yang memiliki kandungan pelembab tinggi seperti ceramide.

Jangan Hindari Facial Oil

Manfaat facial oil adalah mengunci kelembaban kulit yang diberikan oleh krim atau gel yang Minasan gunakan sehingga kelembaban wajah bisa bertahan lebih lama. Bagi kulit berminyak disarankan menggunakan facial oil berbahan dasar tea tree oil karena memiliki efek mengontrol minyak berlebih. Untuk kulit kering dapat menggunakan rosehip oil yang dapat mencegah penuaan dini dan lavender facial oil untuk kulit yang sensitif. Facial oil yang mengandung kukui oil juga bermanfaat bagi Minasan yang sedang melakukan perawatan pada wajah yang kusam.

Sunblock untuk Menangkal Sinar Matahari

Penyebab utama kekusaman adalah tidak terlindungnya kulit dari sinar matahari. Untuk itu Minasan wajib menggunakan sunblock dengan kandungan minimal spf 30 pada saat aktivitas di pagi, siang, hingga sore hari agar kulit tidak mengalami penuaan dini. Bila kulit Minasan berminyak, sebaiknya menggunakan sunblock berbahan dasar gel.

Scrubbing 2 Kali Seminggu

Langkah-langkah yang Minasan baca sebelumnya merupakan perawatan harian. Untuk perawatan mingguan, Minasan dapat membersihkan wajah dengan scrub. Minasan dapat memilih jenis scrub sesuai dengan kebutuhan. Jika kulit cenderung sensitif, Minasan dapat menggunakan scrub dengan butiran halus. Minasan juga dapat menggunakan produk-produk alami seperti kulit jeruk lemon atau oatmeal sebagai scrub.

Lanjutkan Dengan Masker Wajah

Setelah melakukan scrubbing, Minasan disarankan untuk menggunakan masker. Tujuannya adalah untuk memberi nutrisi yang lebih bagi kulit. Jika kulit cenderung berminyak, Minasan bisa menjadikan putih telur sebagai masker atau produk yang mengandung clay. Jika Minasan ingin melakukan perawatan pada wajah yang cenderung kusam, Minasan dapat menggunakan masker yang mengandung zat pencerah.