Dengan semakin maraknya tren kulit wajah putih bersih flawless ala bintang Korea, semakin banyak pula jenis kosmetik pemutih yang sering diklaim sebagai krim pemutih wajah yang aman atau krim pemutih racikan dokter. Sebagai konsumen sangat penting bagi kita untuk teliti dan cerdas agar tak mudah tergoda oleh produk-produk yang demikian karena bisa saja krim-krim tersebut beredar tanpa izin dari BPOM. Dampaknya bagi kulit akan sangat serius bila Minasan menggunakan krim-krim yang dibuat secara sembarangan seperti alergi, iritasi, dan dalam jangka panjang bisa saja merusak organ vital seperti ginjal atau hati karena kandungan bahan kimia berbahaya.
Tentang Krim Pemutih Wajah yang Aman Khusus Racikan Dokter
Minasan yang memiliki masalah seperti kulit berjerawat mungkin pernah berobat dan mendapatkan krim racikan dokter dari klinik kecantikan. Pertanyannya, amankah krim racikan dokter tersebut?
Krim pemutih wajah racikan dokter tentu kita peroleh dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli kulit dan juga dengan menjalani pemeriksaan kulit. Jika memang demikian tentu krim tersebut aman karena yang meracik adalah orang yang kompeten dan telah mempunyai ijin praktek. Harganya memang rata-rata lebih mahal bila dibandingkan produk kosmetik lain di pasaran karena komposisinya telah disesuaikan dengan kondisi kulit pasien.
Lalu bagaimana dengan krim yang dikatakan sebagai racikan dokter dan dijual secara terbuka? Hal ini tentu mencurigakan, karena tak ada dokter spesialis kulit bersedia memproduksi krim kulit secara masal tanpa mengetahui terlebih dahulu kondisi dan masalah kulit wanita-wanita yang akan menggunakan krim tersebut. Jika ada online shop yang mengiklankan produknya sebagai racikan dokter, coba selidiki terlebih dahulu siapa dokter yang meraciknya, di mana alamat prakteknya, dan seterusnya.
Krim Pemutih Wajah yang Aman Namun Tanpa Merek
Seharusnya kita waspada bila menemui online shop atau toko konvensional yang memasarkan krim pemutih dalam wadah tanpa merk, komposisi krim, dan tanpa nomor registrasi BPOM. Orang dapat dengan gampang mengiklankannya sebagai krim pemutih wajah yang aman racikan dokter, tetapi apakah benar demikian? Konsumen tak akan pernah tahu bahan-bahan apa saja yang sesungguhnya terdapat pada krim tersebut. Jika sesuatu terjadi pada kesehatan Minasan, misalnya mengalami alergi parah atau kerusakan pada kulit Minasan, akan sulit untuk meminta pertanggungjawaban.
Krim Pemutih yang Dapat Memberikan Hasil Dalam Waktu Singkat
Minasan justru harus waspada jika menemui krim pemutih wajah yang aman dan diracik oleh dokter ini dapat memberikan hasil yang cepat, misalnya kulit menjadi sangat putih hanya dalam beberapa minggu atau bahkan hari. Tak hanya itu, bila kulit wajah menjadi mulus dalam sekejap, pori-pori kulit mengecil, dan kulit terlihat tipis itu bisa saja merupakan efek dari bahan kimia berbahaya yang terkandung pada krim tersebut. Harus disadari bahwa kulit membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri bahkan saat menggunakan krim yang mahal. Krim pemutih yang harganya berjuta-juta atau krim racikan dokter yang asli sekalipun tak akan memberikan hasil yang instan.
Dari uraian di atas, Minasan harus menyiapkan langkah antisipasi untuk mengatasi jebakan pedagang nakal yang memasarkan krim pemutih abal-abal dengan mengatakan krim tersebut adalah krim pemutih wajah yang aman atau pun krim racikan dokter. Satu langkah paling mudah yang dapat Minasan lakukan untuk mengecek legalitas suatu produk adalah memperhatikan kemasannya. Bila ada nomor registrasi dari BPOM, Minasan dapat mencari informasi pada website resmi BPOM. Pada situs tersebut telah tertera daftar produk kosmetik yang telah lolos uji dan tersertifikasi.
Jadi, lebih bijaksanalah dalam mencari krim pemutih wajah yang aman bagi wajah Minasan.