Salah satu definisi wanita cantik di Indonesia adalah kulit putih mulus. Anggapan ini tentu membuat para produsen produk kecantikan berlomba-lomba mengeluarkan produk krim pemutih. Kesempatan ini tak disia-siakan oleh orang-orang yang ingin memperoleh keuntungan dengan menjual krim pemutih wajah yang aman atau yang diklaim aman di internet atau pun secara offline.
Sebagai konsumen kita harus cerdas apabila tak ingin terjebak pada pengusaha nakal yang berusaha mengeruk keuntungan tanpa mempedulikan efek negatif pada kesehatan seseorang. Mungkin Minasan sudah pernah melihat atau mendengar di media tentang para wanita tak beruntung yang mengalami iritasi parah, atau alergi akibat penggunaan krim kecantikan wajah yang mungkin ilegal sehingga kulitnya justru mengalami kerusakan. Untuk menghindari akibat yang terburuk demikian ini adalah tips membeli krim yang aman. Perhatikan 3 hal ini saat memilih.
1. Komposisi
Jangan tergiur dengan harga murah atau klaim memutihkan kulit wajah dengan cepat yang dipromosikan oleh produsen. Selektiflah dalam memilih krim pemutih wajah yang aman karena kesehatan jangka panjang Minasan dapat menjadi taruhannya. Pertama, perhatikan dengan detail komposisi krim pemutih tersebut. Pada umumnya, krim pemutih yang sudah jelas berbahaya dan ilegal mengandung merkuri dalam jumlah besar. Selain itu pelajari pula kandungan bahan kimia lain untuk mengetahui apakah terdapat bahan-bahan yang tak bersahabat bagi kulit kita.
Tentu sulit mengetahui kandungan bahan kimia dalam suatu krim apabila tak tercantum komposisi bahan. Untuk itu perhatikan tekstur krim pemutih yang hendak Minasan beli. Krim pemutih yang diragukan kualitasnya memiliki warna yang tak merata atau ada bagian yang padat dan ada yang berminyak, tekstur krim tidak lembut, warnanya terlihat mengkilap, dan baunya menyengat. Itulah ciri-ciri krim wajah berbahaya yang paling mudah dikenali.
2. Jenis Kulit
Sangat penting untuk menyesuaikan jenis kulit Minasan dengan krim pemutih wajah yang aman. Misalnya, bila kulit Minasan berminyak, sebaiknya Minasan menggunakan kosmetik pemutih berjenis lotion, sementara bila kulit Minasan kering, yang paling cocok adalah kosmetik berbentuk krim. Hal ini berlaku untuk produk kosmetik pemutih yang dijual bebas di pasaran. Apabila salah memilih, hasil yang ingin Minasan peroleh mungkin tak maksimal.
3. Konsultasi
Cara yang paling tepat untuk memperoleh krim pemutih wajah yang aman adalah dengan melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter spesialis kulit. Tenaga medis yang kompeten tentu dapat melakukan pemeriksaan terhadap kulit Minasan dan melakukan diagnosa untuk mengetahui masalah atau jenis kulit Minasan. Dengan demikian mereka akan dapat merekomendasikan krim pemutih yang paling cocok bagi kulit Minasan.
Tetapi tentu saja berkunjung ke klinik kulit untuk mendapatkan krim pemutih wajah yang aman membutuhkan dana yang mungkin saja agak mahal selain itu dibutuhkan waktu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dan sehat. Inilah sebabnya banyak orang yang lebih memilih jalan pintas membeli krim pemutih yang dapat memberikan hasil yang instan.
Nah, semoga Minasan bukan salah satu dari mereka karena efek jangka panjangnya mungkin dapat sangat merugikan kesehatan. Semoga ulasan tentang memilih krim pemutih wajah yang aman bermanfaat bagi Minasan.