Semua wanita tentu menginginkan kulit wajah yang putih, mulus, dan halus seperti bintang iklan di TV. Untuk menggapai keinginan tersebut hendaknya jangan tergoda oleh iming-iming krim pemutih yang menjanjikan dapat memutihkan kulit dalam waktu singkat, hitungan hari atau minggu. Sangat penting untuk memastikan legalitas produk kosmetik yang hendak Minasan pakai dengan mengecek nomor registrasinya pada situs resmi BPOM. Alternatif lain yang dapat Minasan coba adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang diolah sendiri menjadi krim pemutih wajah yang aman.
Ada banyak keuntungan yang dapat Minasan peroleh dengan membuat sendiri krim pemutih wajah yang aman dari bahan alami. Yang pertama, jelas faktor keamanannya akan lebih terjamin daripada Minasan menggunakan krim-krim pemutih yang banyak beredar tetapi belum terbukti dengan jelas legalitasnya. Kebanyakan krim pemutih ilegal yang ada di pasaran mengandung merkuri atau bahan kimia berbahaya lainnya yang dampaknya tak hanya berbahaya bagi kulit, namun juga pada kesehatan kita. Kedua, penggunaan bahan alami yang mudah diperoleh tentu lebih ekonomis sehingga Minasan tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk melakukan perawatan wajah.
Resep Krim Pemutih Wajah yang Aman untuk Pagi dan Malam
Minasan pastinya sudah tak asing dengan jenis krim pagi atau krim malam dalam rutinitas merawat kulit. Berikut ini adalah resep pembuatan krim malam dan pagi yang dapat dicoba sendiri di rumah.
1. Resep Krim Malam
Bahan-bahan yang Minasan butuhkan adalah 1 sendok makan yoghurt organik, 1/2 sendok makan air perasan jeruk lemon, minyak esensial mawar, melati, atau vanila secukupnya yang berfungsi sebagai aroma terapi. Cara membuatnya, pertama tuangkan semua bahan pada mangkuk bersih dan aduk hingga merata. Tutup permukaan mangkuk dengan handuk bersih dan diamkan ramuan selama sekitar 2 menit.
Lakukan tes alergi sebelum mengaplikasikan ramuan pada kulit wajah Minasan dengan mengoleskannya sedikit pada kulit di belakang telinga. Bila tak timbul reaksi seperti gatal atau kemerahan, berarti krim tersebut aman untuk digunakan pada wajah. Jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengoleskan krim ini menjelang tidur.
2. Resep Krim Pagi
Bahan-bahan yang harus Minasan siapkan untuk membuat krim pemutih wajah yang aman untuk pagi hari adalah satu sendok makan air perasan jeruk nipis dan 1 sendok teh madu murni. Campur kedua bahan hingga merata lalu aplikasikan pada wajah yang telah dibersihkan. Selain dapat mencerahkan kulit wajah, paduan madu dan sari jeruk nipis juga berkhasiat untuk mengurangi kadar minyak pada kulit wajah, mengurangi jerawat, dan mengatasi masalah komedo.
Selain dapat berfungsi sebagai krim pemutih wajah yang aman untuk pagi dan malam hari, kedua resep di atas juga dapat Minasan gunakan sebagai masker. Minasan tinggal mengoleskannya pada wajah kemudian mendiamkannya selama setengah jam atau 40 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air hangat tanpa menggunakan sabun wajah lagi. Perawatan wajah ini akan membuahkan hasil yang optimal bila dilakukan secara teratur satu atau dua minggu sekali.
Penggunaan krim pemutih wajah yang aman tak akan memberikan hasil sesuai seperti keinginan Minasan bila tak meninggalkan kebiasaan-kebiasaan yang dapat menggelapkan kulit wajah. Payung atau topi sangat dianjurkan untuk digunakan saat beraktivitas di luar ruangan pada pagi hingga siang hari. Jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya dengan SPF yang memadai saat harus keluar rumah saat matahari bersinar terik. Nah, semoga bermanfaat!