Ingin mempunyai kulit wajah yang putih, bersih, dan halus seperti bintang-bintang sinetron yang sering Minasan saksikan di layar kaca? Tetapi ragu menggunakan produk krim pemutih karena khawatir tak cocok dengan kulit? Jika memang demikian Minasan dapat mencoba membuat sendiri krim pemutih wajah yang aman dari bahan alami yang mudah ditemukan. Bahan-bahan alami bisa meminimalisir potensi terjadinya efek samping sehingga Minasan tak perlu khawatir akan terjadi iritasi atau dampak negatif bagi kesehatan. Selain itu membuat sendiri krim pemutih dari bahan alami juga lebih ekonomis sehingga Minasan tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan produk pemutih wajah.
Krim Pemutih Wajah yang Aman dari Bahan Alami
Berikut ini adalah 2 resep krim pemutih wajah yang aman dari buah-buahan dan bahan alami lainnya:
Resep 1
Bahan-bahan yang Minasan butuhkan adalah 4 sendok makan bubuk kacang almond (dapat dibeli di toko bahan kue), 1 1/2 cup (225 ml) yoghurt plain, 2 sendok teh air perasan jeruk lemon, 1 sendok teh madu murni, bubuk kunyit sepucuk sendok teh. Cara membuat krim pemutih wajah yang aman ini sangat mudah. Pertama, siapkan wadah yang bersih dari kaca lalu aduk semua bahan hingga tercampur rata dan berbentuk pasta. Setelah tercampur rata, lakukan tes alergi sebelum menggunakan krim tersebut pada wajah Minasan.
Caranya, coba oleskan sedikit ramuan pemutih buatan Minasan ini pada kulit di belakang telinga atau lengan bagian atas. Diamkan selama 15 atau 20 menit. Bila kulit tak bereaksi, misalnya menjadi gatal atau timbul ruam merah artinya kulit Minasan tak mengalami alergi. Bersihkan wajah Minasan terlebih dahulu, kemudian oleskan krim wajah ini tipis-tipis dan merata pada wajah Minasan. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Minasan dapat menggunakan krim pemutih ini setiap hari secara berturut-turut selama 2 minggu. Setelah didiamkan selama setengah jam, bilas wajah dengan air hangat.
Resep 2
Untuk resep yang kedua, persiapkan kulit jeruk lemon secukupnya dan yoghurt plain. Jemur kulit jeruk lemon hingga benar-benar kering. Setelah itu haluskan hingga menjadi tepung dengan cara diblender menggunakan blender kering. Untuk mendapatkan serbuk yang benar-benar halus, ayak tepung kulit jeruk sehingga bagian yang masih kasar terpisah dari yang halus. Untuk membuatnya menjadi krim, campurkan 1 sendok makan tepung kulit jeruk lemon dan 1 sendok makan yoghurt plain lalu aduk hingga rata.
Sama seperti pada resep sebelumnya, lakukan tes alergi dulu pada krim buatan Minasan ini. Bila terbukti aman, Minasan dapat menggunakannya sebagai krim wajah setelah membersihkan wajah dengan cleanser atau sabun muka yang sesuai jenis kulit. Oleskan krim pada wajah dan leher dan diamkan selama 30 menit hingga nutrisi pada kedua bahan benar-benar meresap. Setelah setengah jam, bilas wajah dengan air hangat lalu keringkan dengan handuk lembut dengan cara ditempel-tempelkan. Minasan dapat menggunakan ramuan ini dua hingga tiga kali seminggu.
Untuk memperoleh hasil perawatan wajah yang optimal dan menghindari dampak negatif, sangat penting untuk memperhatikan kebersihan saat proses pengolahan. Cuci tangan Minasan menggunakan sabun antiseptik sebelum mengolah bahan. Peralatan yang Minasan gunakan sebaiknya bukan yang terbuat dari bahan alumunium melainkan kaca atau beling. Rendam peralatan dengan air panas untuk mensterilkan peralatan tersebut. Nah, selamat mencoba!