Tahukah Minasan bahwa serum wajah untuk kulit berjerawat tidak bisa digunakan secara sembarangan. Bagi yang belum terlalu mengenal produk kecantikan yang satu ini, serum adalah istilah dalam dunia kecantikan yang memiliki manfaat melembabkan seperti halnya mineral oil. Dibandingkan dengan lotion atau krim perawatan lain, biasanya serum memiliki komposisi yang lebih ringan dan lebih sedikit mengandung minyak. Sehingga perawatan dengan serum tidak menyebabkan kulit menjadi lebih berminyak parah dan tidak meninggalkan rasa lengket sama sekali. Oleh karena itu, serum baik digunakan pada perawatan kulit berminyak yang cenderung berjerawat.
Secara umum serum bermanfaat mengatasi sejumlah masalah pada kulit. Sebut saja seperti bintik hitam, garis-garis halus, keriput, dan tidak terkecuali jerawat yang membandel. Berdasarkan komposisi zat aktif di dalamnya, serum dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu serum kolagen, serum vitamin E, dan serum vitamin C. Tentunya masing-masing serum tersebut memiliki keunggulan yang berbeda.
Serum kolagen biasa digunakan oleh mereka yang sudah memasuki usia 30-an. Pemakaian serum kolagen bertujuan untuk menjaga kekenyalan kulit yang sudah mulai hilang seiring dengan pertambahan usia. Selanjutnya serum vitamin E merupakan serum yang yang berfungsi sebagai antioksidan. Sementara serum vitamin C merupakan jenis serum yang paling banyak dipakai untuk mengatasi gangguan pada kulit, salah satunya jerawat. Jadi serum vitamin C inilah yang dapat digunakan sebagai serum wajah untuk kulit berjerawat.
Satu hal yang perlu menjadi perhatian, serum sebenarnya tidak boleh dipakai langsung pada kulit berjerawat. Meski serum vitamin C dikatakan bermanfaat mengatasi jerawat tetapi pemakaian serum pada saat kondisi jerawat tengah meradang bisa membuat jerawat semakin parah. Untuk itu, kulit berjerawat perlu diobati terlebih dulu. Setelah sembuh perawatan bisa dilanjutkan dengan pemakaian serum vitamin C agar jerawat tidak kembali datang. Berikut cara pemakaian serum yang benar agar memberi hasil maksimal:
1. Bersihkan Wajah Terlebih Dulu
Sebelum mengaplikasikan serum pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu. Dalam hal ini Minasan bisa memakai produk pembersih. Tujuannya supaya serum yang digunakan bisa terserap sempurna ke dalam kulit.
2. Aplikasikan Serum Vitamin C
Setelah kulit benar-benar bersih segera aplikasikan serum. Khusus serum wajah untuk kulit berjerawat, yaitu serum vitamin C, karena dapat menimbulkan rasa perih, maka sebaiknya dipoles tipis-tipis saja. Hindari area di sekitar bawah mata guna mencegah iritasi. Untuk mendapatkan hasil maksimal Minasan bisa memoles serum setiap pagi dan malam hari. Di pagi hari serum berperan penting menjaga kulit dari paparan polusi dan di malam hari serum akan membantu memulihkan kondisi kulit Minasan. Dengan memakai serum di malam hari Minasan pun tidak perlu repot memakai krim malam karena khasiatnya sudah terangkum dalam serum yang digunakan.
3. Poles Sunblok atau Bedak
Setelah selesai memoleskan serum wajah untuk kulit berjerawat, Minasan bisa lanjut dengan memoles sunblock atau bedak sebagai perlindungan tambahan.
Pemakaian serum vitamin C dengan cara yang benar dapat pula berperan sebagai anti radang dan mengobati kulit yang tengah meradang. Serum vitamin C dapat pula digunakan sebagai sintesa kolagen untuk memperlambat proses penuaan dini dan juga mencerahkan kilit. Jadi, tidak hanya sebatas membantu mencegah jerawat kembali datang.
Itulah ulasan sekilas tentang serum vitamin C, serum wajah untuk kulit berjerawat. Bila pemakaian serum menyebabkan alergi segera hentikan pemakaian serum dan konsultasikan dengan dokter kulit kepercayaan Minasan.