Toner wajah untuk kulit berjerawat konon juga efektif mengusir bekas jerawat membandel. Namun Minasan tetap harus hati-hat dalam pemilihannya, karena kulit berjerawat membutuhkan penangan khusus agar jerawat tidak semakin parah dan tidak meninggalkan bekas luka. Adapun untuk toner wajah berjerawat Minasan bisa membuatnya sendiri dari sejumlah campuran bahan alami pilihan. Bahan-bahan yang dibutuhkan diantaranya beras organik, air putih, cuka apel bebas pengawet, dan buah lemon atau jeruk nipis. Apa manfaat yang bisa didapat dari toner campuran bahan-bahan alami tersebut?
1. Beras
Beras telah lama diyakini memiliki khasiat dapat membuat kulit lebih bersinar, awet muda, dengan bonus bebas dari jerawat, karena beras mengandung squalane oil. Semua jenis beras memiliki kandungan squalane oil, hanya saja beras Jepang memiliki kandungan yang paling tinggi. Squalane oil dapat memberi asupan air pada kulit agar tetap lembab. Selain itu, kandungan lain pada beras juga dapat membantu meningkatkan kolagen untuk menjaga elastisitas kulit. Selain itu ada juga kandungan vitamin E yang dibutuhkan kulit. Tidak heran bila masyarakat Jepang gemar memakai air cucian beras untuk mencuci wajah atau menumbuknnya untuk dijadikan masker.
2. Cuka Apel
Cuka apel diketahui memiliki sifat asam yang dapat menyeimbangkan pH wajah sekaligus membasmi bakteri penyebab jerawat yang tumbuh. Selain itu, cuka apel juga bermanfaat untuk kesehatan kulit seperti mengangkat sisa kotoran, membantu membersihkan riasan makeup, mengangkat sel kulit mati, mengecilkan pori-pori kulit yang membesar, mencerahkan kulit, menghilangkan flek hitam, dan tentunya bejas jerawat. Oleh karena itu, cuka apel termasuk satu bahan wajib dalam toner wajah untuk kulit berjerawat.
3. Lemon atau Jeruk Nipis
Buah lemon atau jeruk nipis kaya akan vitamin C yang dibutuhkan untuk menutrisi kulit wajah. Ada kandungan antioksidan yang beranfaat menangkal radikal bebas penyebab jerawat dan kanker kulit. Tidak hanya itu saja, sifat asam pada buah lemon juga dapat merangsang proses regenerasi sel kulit yang turut membantu menghilangkan bekas luka atau bekas jerawat lebih cepat.
Setelah mengetahui bahan campuran yang dibutuhkan serta manfaat masing-masing bahan, sekarang akan diberikan panduan mudah membuat toner wajah untuk kulit berjerawat. Berikut langkah-langkahnya:
1. Siapkan semua bahan yang dibutuhkan.
2. Cuci bersih beras dengan air putih, buang air cucian pertama.
3. Cuci kembali beras, kali ini memakai air putih masak lalu diamkan kurang lebih 15 menit. Biarkan beras terendam dalam air.
4. Tuang tiga per empat air rendaman beras dalam baskom, tambahkan dengan seperempat cuka apel lalu aduk merata.
5. Tambahkan sari buah lemon atau jeruk nipis secukupnya.
6. Toner alami dari campuran bahan alami pilihan sudah siap digunakan. Simpan dalam botol agar memudahkan waktu memakainya.
Mengaplikasikan toner wajah untuk kulit berjerawat tentu tidak boleh sembarangan. Minasan harus mengaplikasikan toner dengan benar agar mendapatkan hasil yang optimal. Berikut juga diberikan cara penggunaan toner alami yang sudah dibuat sebelumnya:
1. Cuci bersih wajah menggunakan facial foam, face milk, face cleanser, atau scrub.
2. Keringkan wajah dengan cara menepuk ringan memakai handuk, pastikan kering sempurna.
3. Ambil toner alami yang sudah dibuat, kocok terlebih dahulu sebelum pemakaian.
4. Teteskan toner alami pada kapas kemudian usapkan pada seluruh permukaan wajah. Hindari area mata dan mulut.
5. Diamkan toner agar kandungannya terserap sempurna.
6. Lanjutkan dengan mengaplikasikan pelembab untuk mengembalikan dan mengunci kelembaban alami kulit wajah Minasan.
Bila toner alami yang dibuat masih ada sisa, Minasan bisa menyimpannya di kulkas dan digunakan lain kali. Mungkin saat melakukan perawatan dengan toner alami yang dibuat Minasan akan mencium aroma campuran beras dengan asam yang sedikit mengganggu. Tetapi tidak perlu khawatir karena aroma tersebut akan hilang setelah toner benar-benar kering. Toner wajah untuk kulit berjerawat dari campuran bahan alami pilihan ini ampuh untuk mengatasi bekas jerawat membandel.