Telur Mentah atau Setengah Matang

source: http://vicco.me/soft-boiled-egg-recipe/soft-boiled-eggs-avocado/
Pastikan telur dimasak matang hingga putih telur dan kuning telur menjadi solid untuk menghindari keracunan makanan akibat salmonela.
source: http://www.nhs.uk/Conditions/pregnancy-and-baby/pages/foods-to-avoid-pregnant.aspx#close

Daging Mentah

source: http://cozinhatecnica.com/2014/12/receitas-classicas-carpaccio/
Hindari makan daging mentah untuk mencegah risiko toxoplasosis. Masak daging hingga matang dengan tanda tidak ada warna pink atau darah.
source: http://www.nhs.uk/Conditions/pregnancy-and-baby/pages/foods-to-avoid-pregnant.aspx#close
Penting bagi ibu hamil menghindari makanan yang tidak dimasak hingga matang. Tidak hanya terbatas pada daging merah saja namun juga jenis makanan laut. Nah sebaiknya makanan seperti makan sushi, sashimi, salami, pepperoni, atau daging lainnya yang tidak dimasak matang dengan panas.

Liver atau Hati

source: http://www.laweekly.com/squidink/2012/06/14/10-best-foie-gras-dishes-in-los-angeles
Liver atau hati, termasuk hati sapi, kambing, ayam, dan juga foie gras, tidak baik untuk janin. Untuk asupan vitamin A, sebaiknya konsumsi makanan seperti butter, mentega, telur matang, dan ikan berminyak.
Liver mengandung retinol, salah satu jenis vitamin A dengan kadar yang sangat tinggi. Jika mengkonsumsi retinol terlalu banyak, itu akan berbahaya bagi janin.
source: http://www.babycentre.co.uk/x555571/is-it-safe-to-eat-liver-during-pregnancy

Minyak Ikan

source: http://www.thesleuthjournal.com/health-benefits-of-cod-liver-oil-animal-product-health-benefits/
Ada dua jenis minyak ikan, yaitu minyak ikan yang dibuat dari daging ikan dan yang dibuat dari liver ikan. Sebaiknya pilih yang dibuat dari daging ikan.
Minyak ikan yang berasal dari liver ikan (contoh: cod liver oil) mengandung omega-3 yang baik untuk perkembangan otak bayi. Namun demikian minyak ikan tersebut juga mengandung retinol yang berbahaya bagi janin. Sehingga harus dibatasi agar tidak berlebihan.
source: http://www.babycentre.co.uk/x541094/is-it-safe-to-take-fish-oil-supplements-in-pregnancy

Keju Camembert, Gorgonzola, dan Sejenisnya

source: http://www.babymed.com/food-and-nutrition/can-i-eat-cheese-pregnancy
Anda tidak boleh mengkonsumsi keju lembut seperti feta, brie, camembert, blue cheese, dan keju meksiko saat hamil karena terdapat risiko terinfeksi LISTERIA. Listeria adalah bakteri yang bisa menginfeksi dan membunuh janin.
source: http://www.babymed.com/food-and-nutrition/can-i-eat-cheese-pregnancy
Karena masalahnya adalah bakteri, keju yang disebutkan di atas bisa dikonsumsi jika sudah dimasak hingga menghasilkan uap panas.
Dengan menjaga asupan makanan yang tepat, ibu hamil pun dapat menjaga kesahatan dirinya dan si buah hati. Tetap penuhi nutrisi untuk si janin dengan pilihan makanan yang tepat dan sehat.