Ukuran bulu hidung yang panjang dan sampai mengintip keluar, bagi wanita tentu menimbulkan rasa malu. Terkadang beberapa wanita ada yang mengalami masalah terkait dengan bulu hidung yang panjang. Sehingga jalan keluar yang dipilih adalah mencari cara menghilangkan bulu hidung yang tepat. Namun bukan berarti semua bulu hidung dihilangkan. Maksud dari menghilangkan bulu hidung adalah mengurangi sedikit jumlah bulu hidung terutama yang sering mengintip keluar melalui lubang hidung.
Mengapa wanita tidak boleh menghilangkan semua bulu hidung? Menurut pakar kecantikan dari Deputy General Manager PT Martha Beauty, Wulan Tilaar menjelaskan bahwa lebih baik rapikan bulu hidung agar tidak terlalu memiliki ukuran yang panjang. Sebab secara medis sudah dijelaskan fungsi dari bulu hidung adalah untuk menyaring kotoran dalam bentuk debu atau partikel-partikel yang terhirup dari udara bebas. Sehingga kotoran yang sekiranya berbahaya untuk pernapasan dapat disaring melalui bulu-bulu hidung. Perhatikan cara menghilangkan bulu hidung yang benar agar tidak sampai menimbulkan peradangan pada hidung dengan menyimak tips berikut ini:
1. Mengompres Hidung Dengan Es Batu
Sebelum memotong bulu hidung untuk menghilangkan sebagian jumlah bulu hidung, sangat disarankan untuk mengompres hidung dengan es batu. Kompreslah hidung selama beberapa menit agar hidung menjadi mati rasa saat proses penghilangan bulu hidung. Mengompres terlebih dahulu dengan menggunakan es batu dapat mencegah peradangan pada hidung. Sebab ketika hidung sudah mati rasa, maka proses penghilangan bulu hidung dapat dilakukan tanpa menimbulkan rasa sakit, namun harus tetap berhati-hati.
2. Memotong Bulu Hidung Dengan Ujung Gunting Kecil
Persiapkan sebuah gunting kecil dan pergunakanlah bagian ujungnya. Cara menghilangkan bulu hidung dengan ujung gunting kecil perlu keseriusan agar bulu-bulu hidung dapat dihilangkan dengan tepat. Bukan mencabut melainkan mengurangi ukuran bulu hidung yang panjang menjadi berukuran lebih pendek. Setelah dirasa cukup, maka tidak perlu mengurangi ukuran bulu hidung yang berada jauh di dalam lubang hidung. Namun perlu dilakukan secara teratur untuk mengontrol pertumbuhan bulu hidung agar tidak sampai mengintip keluar. Berikan jadwal rutin untuk menghilangkan bulu hidung dengan cara memotong. Sebagai contoh, cukup sekali dalam seminggu.
3. Minum Teh Hangat Setelah Menghilangkan Bulu Hidung
Setelah berhasil menghilangkan bulu hidung, masih ada langkah lain yang harus dilakukan sebagai tahapan cara menghilangkan bulu hidung. Langkah selanjutnya adalah minum teh hangat sebagai terapi. Minum teh hangat setelah menghilangkan bulu hidung akan meminimalkan nyeri yang terkadang dirasakan. Selain itu, kandungan antioksidan pada minuman teh hangat akan melancarkan kembali aliran darah di sekitar hidung yang menegang saat proses penghilangan bulu hidung dengan cara memotong sebagian. Dengan lancarnya aliran darah pada hidung, maka peradangan dapat dihindari karena hidung tidak mengalami dehidrasi. Sebab peradangan hidung sering dialami oleh wanita yang mencoba menghilangkan bulu hidung. Untuk itu, pastikan selalu menyiapkan teh hangat untuk langsung diminum setelah menghilangkan bulu hidung.
Tidak boleh asal dalam melakukan cara menghilangkan bulu hidung. Menurut ahli medis Dr. Roestiniadi Djoko Soemantri, Sp. THT KL, perlu mencegah peradangan hidung dengan melakukan penghilangan bulu hidung dengan cara yang tepat. Sebab sekalinya terjadi peradangan pada hidung dapat berdampak pula pada peradangan otak. Selain itu, usahakan ketika memotong tidak membiarkan ukuran bulu hidung terlalu pendek. Dengan mengetahui cara menghilangkan bulu hidung yang tepat, setiap wanita diharapkan dapat lebih teliti dalam menghilangkan bulu-bulu hidung yang mengintip.