Obat biang keringat untuk si kecil tentunya harus dipilih dari bahan-bahan yang aman. Hal ini mengingat kulit bayi sangat sensitif dan mudah sekali terkena iritasi. Biang keringat sebenarnya bisa menyerang siapa saja. Hanya saja bayi atau anak-anak lebih sering mengalami satu masalah pada kulit ini. Apalagi saat udara terasa lembab dan panas biang keringat bisa lebih berpotensi untuk muncul. Meskipun tidak termasuk penyakit berbahaya tetapi biang keringat pada bayi tidak bisa dianggap sepele. Pasalnya biang keringat menyebabkan rasa gatal dan panas menyengat. Tentunya hal ini akan memberikan rasa tidak nyaman pada buah hati Minasan.
Biang keringat biasanya ditandai dengan benjolan kecil pada kulit. Benjolan dapat terlihat berwarna putih bening atau malah kemerahan. Saat sedang berada di bawah terik matahari benjolan tersebut dapat terlihat seperti lepuhan. Lantas obat biang keringat apakah yang sekirannya ampuh menyembuhkan dan aman bagi kulit bayi Minasan? Tidak perlu bingung, berikut merupakan beberapa obat biang keringat yang dapat Minasan manfaatkan.
1. Kanji
Kanji atau yang juga sering disebut tepung tapioka memiliki sifat mendinginkan. Sangat ampuh untuk meminimalkan rasa panas dan gatal pada kulit secara cepat. Dalam hal ini Minasan cukup menempelkan langsung tepung kanji yang sudah dicampur sedikit air pada kulit bayi dengan biang keringat. Namun, sebelumnya pastikan sudah memandikan bayi lebih dulu. Keringkan tubuh bayi dan pastikan tubuh bayi tidak berkeringat. Hal ini dikarenakan keringat hanya akan melunturkan obat biang keringat tepung kanji yang ditempel.
2. Daun Tembelekan
Daun tembelekan mungkin belum banyak dikenal. Daun ini biasanya tumbuh liar dengan batang berkayu dan cukup tinggi sampai 4 meter. Daun tembelek memang sedikit berbau tetapi memiliki sifat sejuk. Di dalam daun tembelek diketahui terdapat kandungan racun dalam kadar kecil yang memiliki efek mengurangi gatal akibat biang keringat. Untuk pengobatan biang keringat pada bayi, Minasan bisa merebus satu genggam daun tembelek dalam 3 gelas air. Rebus sampai mendidih lalu tunggu sampai agak hangat. Setelah itu basuh kulit bayi Minasan yang terkena biang tembelek dengan air rebusan daun tembelek yang sudah dibuat.
3. Daun Krokot
Daun krokot tumbuh liar seperti halnya tanaman tembelekan. Daun krokot berukuran kecil, tebal, dan memiliki banyak kandungan air. Biasanya daun krokot diolah sebagai hidangan sayur mirip lalapan rebus dan semakin nikmat bila dicampur dengan sambal kecap. Namun selain itu, daun krokot juga memiliki khasiat sebagai obat biang keringat yang aman untuk si kecil. Caranya sangat mudah, Minasan cukup merebus satu genggam daun krokot dalam 3 gelas air. Rebus dan biarkan airnya bersisa setengahnya. Saring lalu tunggu sampai dingin. Air rebusan daun krokot ini aman diminumkan pada bayi Minasan yang terkena biang keringat.
Demikian beberapa bahan alami yang dapat Minasan manfaatkan sebagai obat biang keringat alami. Ada obat luar dan ada pula obat dalam untuk diminumkan. Sebenarnya ada opsi lain yang dapat Minasan upayakan untuk mengobati biang keringat pada bayi. Misalnya dengan memberikan bedak tabur secara merata. Bila biang keringat yang kecil terlihat semakin parah segera bawa ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.
Meski sudah diobati memakai obat biang keringat alami, biang keringat yang membandel bisa kembali datang. Oleh karena itu, Minasan juga harus melakukan upaya untuk mencegah agar biang keringat tidak datang lagi. Caranya dengan memakaikan pakaian longgar berbahan katun yang mudah menyerap keringat. Selain itu, usahakan supaya kamar bayi Minasan memiliki sirkulasi udara yang baik dan tidak terlalu panas.