Biang keringat terjadi ketika kelenjar kulit tubuh seseorang mengalami penyumbatan. Sehingga pengeluaran keringat pun menjadi bermasalah dan menimbulkan rasa gatal berlebih disertai timbulnya bintik kemerahan di kulit. Ketika biang keringat sudah menyerang, sudah sebaiknya segera diobati. Siapa saja dapat mengalami biang keringat, termasuk orang dewasa.
Setiap kali biang keringat menyerang, maka saat itu pula bakteri mengalami perkembangbiakan pada kulit yang meradang. Biang keringat disebut sebagai penyakit miliaria yang lebih rentan dialami oleh orang yang kerap terserang keringat. Salah satu cara untuk menyembuhkan biang keringat adalah dengan menjaga kebersihan tubuh. Namun tentu akan semakin efektif ketika penderita biang keringat juga menggunakan obat biang keringat tradisional. Obat tradisional lebih cepat dan lebih efektif untuk menyembuhkan biang keringat. Bahkan dapat mencegah biang keringat untuk datang kembali. Berikut merupakan beberapa ramuan tradisional yang dapat dijadikan sebagai obat biang keringat.
1. Obat Biang Keringat Tradisional Dari Minyak Jarak
Kelebihan minyak di kulit memang menyebabkan keringat timbul secara kurang terkontrol. Minyak jarak dipercaya dapat mengobati masalah biang keringat yang terjadi pada orang dewasa karena dapat membantu mengontrol minyak berlebih. Dengan mengoleskan minyak jarak ke bagian kulit yang terserang biang keringat, maka biang keringat akan segera sembuh. Cukup gunakan minyak jarak sebanyak setengah dari sendok teh.
2. Obat Biang Keringat Tradisional Dari Lidah Buaya
Atasi kelebihan keringat dengan merilekskan sel-sel kulit. Keringat yang keluar berlebih pada kulit tubuh juga dapat dikarenakan sel-sel kulit yang menegang. Sehingga mengakibatkan kelenjar minyak memproduksi minyak secara berlebih. Dengan mengoleskan lendir dari tanaman lidah buaya pada bagian biang keringat, maka akan efektif untuk menyembuhkan biang keringat. Cukup gunakan lendir tanaman lidah buaya sesuai banyaknya biang keringat yang ada di kulit tubuh.
3. Obat Biang Keringat Tradisional Dari Madu
Minasan juga dapat mengatasi kelebihan keringat dengan madu alami. Madu alami adalah madu yang diproduksi secara langsung oleh lebah madu. Tanpa diberi tambahan air ataupun gula. Madu alami dapat menyembuhkan biang keringat, namun tidak perlu digunakan setiap hari. Jika ingin menyembuhkan biang keringat, cukup mengoleskan madu alami ke biang keringat sekitar dua puluh menit baru bilas dengan menggunakan air bersih yang mengalir. Gunakan madu alami sebagai obat biang keringat setiap tiga kali dalam seminggu.
4. Obat Biang Keringat Tradisional Dari Gandum
Gandum identik sebagai bahan untuk membuat kue atau roti. Namun ternyata diketahui gandum juga termasuk sebagai bahan yang dapat dimanfaatkan sebagai obat biang keringat. Kombinasikan gandum bersama madu dan gula pasir sebanyak satu sendok makan. Ramuan ini dapat menjadi obat tradisional yang efektif untuk menyembuhkan kulit tubuh yang terserang biang keringat. Ada dua cara yang dapat dilakukan ketika memilih gandum sebagai obat tradisional biang keringat. Cara pertama adalah setiap kali mengoleskan kombinasi gandum tersebut, maka sambil digosok agar lebih efektif dalam menyembuhkan. Atau cara kedua adalah mencampurkan kombinasi gandum tersebut ke air di dalam bathup dan gunakan campuran air serta gandum tersebut untum berendam.
Biang keringat memang membuat kulit tubuh menjadi sangat tidak nyaman, bahkan dapat mengganggu aktivitas. Untuk itu, ketika orang dewasa terserang biang keringat, sebaiknya gunakan obat biang keringat tradisional seperti yang sudah dijelaskan di atas sebagai petolongan pertama.