Cara menghilangkan bulu hidung yang benar sekiranya perlu diketahui oleh setiap orang. Mencabut bulu hidung selama ini menjadi salah satu cara yang kerap dilakukan untuk menghilangkan bulu hidung yang keluar. Tapi tunggu dulu, apakah mencabut bulu hidung benar-benar aman dilakukan? Mencabut bulu hidung dengan tangan atau bantuan alat pinset ternyata berbahaya. Hal ini dikarenakan bulu hidung tumbuh di sekitar kulit dan jaringan lunak. Adapun pencabutan bulu hidung sampai ke bagian akar bisa menyebabkan kulit dan jaringan lunak tersebut sobek yang memungkinkan kuman masuk dan menyebabkan infeksi. Bila berlangsung terus-menerus tanpa pengobatan, kondisi tersebut dapat memicu sinusitis atau lebih parahnya infeksi otak.
Selain itu, bulu hidung yang tercabut kemungkinan akan diganti dengan bulu hidung baru yang pertumbuhannya berisiko masuk dalam lapisan kulit. Bulu yang tumbuh masuk dalam kulit ini tentunya tidak akan muncul ke permukaan. Akibatnya dapat menyebabkan radang di area kelenjar yang dibarengi dengan infeksi bakteri. Akibat yang cukup fatal bukan?
Bulu hidung sebenarnya mempuyai peran dan fungsi penting, khususnya dalam proses pernapasan. Bulu hidung akan menyaring debu, bakteri, dan jamur agar tidak masuk dalam hidung. Lebih dari itu, bulu di hidung juga berfungsi meningkatkan kelembaban udara yang penting pada proses pernapasan lanjutan. Tetapi bagi setiap wanita tentu kebersihan dan kerapian menjadi poin penting yang harus dijaga. Sehingga ketika bulu hidung tumbuh lebih panjang sampai kelihat keluar wajib dirapikan. Bulu hidung yang panjang tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga menyebabkan rasa tidak nyaman. Tidak perlu khawatir karena berikut diberikan beberapa cara menghilangkan bulu hidung yang aman untuk dicoba:
1. Waxing Bulu Hidung
Tidak hanya bulu ketiak dan bulu kaki yang bisa dihilangkan dengan cara waxing. Minasan bisa juga melakukan waxing untuk menghilangkan bulu hidung yang keluar. Jangan bayangkan rasa sakitnya akan sama seperti waxing bulu kaki. Waxing bulu hidung tidak menyebabkan rasa sakit sama sekali. Cara menghilangkan bulu hidung ini efektif mengatasi bulu hidung yang keluar melewati batas wajar. Caranya sangat mudah dilakukan, bahkan tidak memakan waktu lama selama dilakukan oleh tenaga ahli profesional.
2. Memotong Bulu Hidung
Cara menghilangkan bulu hidung selanjutnya adalah dengan memotong bulu hidung. Dibanding harus mencabut bulu hidung memang lebih disarankan memotong bulu hidung yang keluar memakai gunting kuku atau gunting ukuran kecil. Namun dalam hal ini Minasan harus berhati-hati supaya alat potong yang digunakan tidak melukai hidung. Mengingat bulu di hidung memiliki fungsi penting, pastikan untuk tidak memotong bulu hidung terlalu panjang. Cukup potong bulu hidung yang terlihat keluar. Namun, sayangnya cara ini memiliki kelemahan. Memotong bulu hidung biasanya akan membuat bulu hidung jadi cepat tumbuh panjang dan lebih lebat. Sehingga Minasan pun harus lebih rutin memotong bulu hidung.
Itulah beberapa cara menghilangkan bulu hidung yang dapat Minasan terapkan. Perlu diketahui cara-cara di atas tidak bermanfaat untuk menghilangkan bulu hidung selamanya. Bulu hidung secara periode akan tumbuh dan hal tersebut memang lebih baik karena bulu hidung masih dibutuhkan seperlu melakukan fungsi utamanya yang sudah disebutkan di awal. Jadi tidak seharusnya bulu hidung dihilangkan sampai habis. Bila memang ingin tampil rapi dan bersih, cukup potong bulu hidung yang tumbuh panjang keluar. Rapikan bulu hidung secara teratur dan pastikan Minasan melakukan dengan cara yang benar. Sekian dan selamat mencoba!