Buah dan sayur kerap menjadi pilihan untuk merawat kesehatan kulit wajah. Salah satunya untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah. Setiap wanita dapat menggunakan irisan buah ataupun sayur untuk mengatasi penyebab kulit wajah bermasalah tersebut. Namun sebelum membahas apa saja buah dan sayur yang dapat dipergunakan, setiap wanita harus memahami terlebih dahulu apa sebenarnya penyebab dari pori-pori kulit wajah yang membesar.
Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan membesarnya pori-pori kulit wajah. Facial yang dilakukan oleh terapis kurang berpengalaman pun dapat menjadi salah satu penyebab pori-pori kulit wajah semakin besar. Menurut Ahli Kulit dan Konsultan Kulit asal Lancome, New York, Macrene Alexiades Amernakas, M.D., Ph.D., setiap hendak facial lebih baik memilih terapis yang tepat agar tidak mengalami trauma kulit dan berdampak pada pembesaran pori-pori kulit wajah. Pori-pori kulit wajah yang besar berdampak pada kulit wajah yang semakin kusam, pucat, serta tidak halus. Berikut ini adalah buah dan sayur yang berguna dalam mengecilkan pori-pori kulit wajah:
1. Mengecilkan Pori-Pori Dengan Irisan Buah Jeruk Nipis
Pakailah satu buah jeruk nipis dan iris. Tempelkan irisan buah jeruk nipis ke area kulit wajah secara merata dan diamkan selama seperempat jam. Setelah itu, basuh wajah menggunakan air hangat. Setiap wanita dapat menggunakan irisan buah jeruk nipis untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah sampai ukuran pori-pori wajah kembali normal. Di dalam buah jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C akan diserap sempurna ke kulit wajah dan menutrisi secara langsung sehingga dapat membantu mengecilkan pori-pori.
2. Mengecilkan Pori-Pori Dengan Irisan Buah Lemon
Pakailah satu buah lemon dan iris. Kemudian irisan buah lemon diperas ke wadah cawan dan campurkan bersama oatmeal sebanyak satu sendok makan. Campur hingga merata dan pakailah seperti memakai masker wajah. Diamkan selama seperempat jam dan basuh wajah menggunakan air dingin. Di dalam buah lemon memiliki kandungan antioksidan yang berasal dari vitamin C dan berguna untuk menutrisi kulit wajah. Sedangkan campuran oatmeal berguna untuk melakukan regenerasi sel kulit. Sehingga sel kulit mati yang juga menjadi salah satu penyebab pori-pori kulit wajah semakin besar akan diangkat oleh kandungan alami yang ada pada oatmeal.
3. Mengecilkan Pori-Pori Dengan Irisan Sayur Mentimun
Pakailah irisan sayur mentimun secukupnya. Kemudian cukup ditempelkan secara merata ke seluruh area kulit wajah. Penggunaannya sama seperti pada irisan buah jeruk nipis. Namun yang membedakan adalah waktu. Jika menggunakan irisan buah jeruk nipis diperlukan seperempat jam. Maka ketika menggunakan irisan sayur mentimun perlu menunggu hingga daging mentimun agak mengkerut. Barulah dapat membasuh wajah dengan air dingin. Mentimun adalah sayur yang sering dikonsumsi sebagai lalapan. Kandungan astringent pada sayur mentimun dikatakan mampu mengecilkan pori-pori kulit wajah secara optimal.
4. Mengecilkan Pori-Pori Dengan Irisan Sayur Tomat Merah
Pakailah satu buah sayur tomat merah dan iris. Tempelkan segera pada seluruh area kulit wajah secara merata. Tunggu selama setengah jam dan baru basuh wajah dengan menggunakan air dingin. Dibalik perannya sebagai sumber vitamin, sayur tomat merah memiliki kandungan potassium serta vitamin C yang jelas mampu mengatasi masalah pori-pori kulit wajah yang membesar.
Tidak sulit bukan mengecilkan pori-pori lkulit wajah dengan sayuran atau buab?. Jadi, tinggal pilih manakah irisan dari buah dan sayur yang lebih disukai untuk merawat kulit wajah lebih sehat.