Mengecilkan pori-pori kulit wajah bisa dilakukan secara mudah dengan memanfaatkan bahan alami. Pori-pori wajah yang besar memang terasa mengganggu dan juga tidak sedap dipandang mata. Lebih parahnya ternyata pori-pori wajah yang membesar bisa menjadi penyebab sejumlah masalah pada kulit. Sebut saja mulai dari komedo, jerawat, dan lain sebagainya. Lantas bagaimana cara mudah dan alami mengecilkan pori-pori? Tunggu dulu, sebelumnya tentu dirasa penting mengetahui faktor penyebab pori-pori kulit membesar. Berikut merupakan beberapa penyebabnya:
1. Sinar Matahari
Terpapar sinar matahari terlalu lama bisa menyebabkan pori-pori kulit menjadi besar. Selain itu, paparan sinar matahari langsung juga berpotensi memicu masalah kulit lainnya seperti kulit sensitif dan terbakar.
2. Produksi Minyak Berlebih
Tubuh memproduksi minyak secara alami. Minyak yang dihasilkan berfungsi melindungi kulit dan mencegah agar tidak kering. Hanya saja bila kulit tubuh memproduksi minyak berlebih dapat memberikan dampak negatif. Salah satu akibat produksi minyak berlebih yaitu pori-pori kulit yang membesar. Masalah kulit lainnya seperti komedo dan jerawat bisa muncul bila tidak dilakukan upaya mengecilkan pori-pori kulit wajah.
3. Kurang Menjaga Kebersihan Kulit
Bila kebersihan kulit kurang terjaga berpotensi menyebabkan bakteri tumbuh subur di kulit. Adanya bakteri pada kulit ini sering ditandai dengan munculnya bintik hitam dan komedo. Adanya sisa kotoran yang tidak dibersihan secara sempurna misal kotoran dari asap debu, polusi, sisa riasan akan menyumbat pori-pori kulit. Akibatnya kulit Minasan tidak bisa bernapas lega dan poti-pori jadi membesar.
Dengan mengetahui faktor penyebabnya diharap bisa membantu menekan risiko masalah pori-pori kulit membesar. Tetapi bagaimana bila pori-pori kulit wajah sudah terlanjur membesar dan menyebabkan gangguan pada kulit? Tidak perlu khawatir karena berikut ini juga diberikan beberapa cara mudah dan alami mengecilkan pori-pori kulit wajah:
1. Membersihkan Wajah
Seperti yang sudah diketahui salah satu penyebab pori-pori membesar adalah kebersihan kulit yang tidak dijaga. Oleh karena itu, sebelum melakukan cara mengatasi pori-pori kulit yang membesar ingat untuk membersihkan wajah lebih dulu. Apalagi bila sepanjang hari Minasan sibuk beraktivitas di luar ruangan dan terpapar polusi. Setelah memastikan kulit telah bersih, selanjutnya Minasan bisa melakukan perawatan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami pilihan.
2. Mengecilkan Pori-Pori Dengan Masker Tomat
Buah tomat memiliki khasiat dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah. Untuk mendapatkan khasiat tersebut Minasan bisa membuat masker alami dari 1-2 buah tomat segar. Cuci bersih buah tomat lalu haluskan dengan mesin blender. Setelah sekali lagi memastikan wajah sudah bersih, aplikasikan masker tomat secara merata. Diamkan kurang lebih selama 20-30 menit atau sampai masker kering. Bila sudah lanjutkan dengan bilas air hangat. Perawatan masker tomat ini baik dilakukan rutin 3 kali seminggu.
6. Mengecilkan Pori-Pori Dengan Masker Es Batu
Satu cara lain yang lebih mudah dan tidak kalah efektif yaitu dengan memakai es batu. Es batu dapat membantu mengencangkan pori-pori kulit sekaligus mengontrol produksi minyak kulit. Perawatan dengan es batu ini sangat mudah. Minasan cukup menggosok-gosok es batu pada bagian kulit dengan pori-pori besar. Agar tidak terlalu dingin Minasan bisa membungkus es dengan kain katun. Perawatan ini baik dilakukan setiap pagi setelah bangun tidur.
Itulah beberapa cara mengecilkan pori-pori kulit wajah. Tentu sejumlah cara yang diberikan akan memberi hasil optimal bila dilakukan rutin dan diimbangi dengan menghindari faktor penyebabnya. Selamat mencoba!