Flek Hitam atau noda hitam muncul ketika jerawat menghadang. Noda hitam kerap membuat wanita tidak percaya diri dalam menampilkan kecantikan wajah. Bahkan mungkin sebagan wanita menggunakan makeup tebal untuk menyamarkannya. Namun penggunaan makeup tebal sebenarnya tidak terlalu disarankan karena dapat berpengaruh pada kesehatan kulit wajah. Sehingga sangat penting untuk menghilangkan noda hitam dengan cara yang tepat tanpa meninggalkan noda kembali.
Ada beberapa cara alami yang diplih untuk menghilangkan noda hitam pada wajah. Di antaranya adalah dengan menggunakan lemon, papaya, atau kentang. Lemon mengandung antioksidan yang tinggi dan menjadi nutrisi penting untuk kulit wajah. Sehingga dapat menyamarkan sekaligus menghilangkan noda hitam pada wajah. Kemudian pepaya mampu mencegah enzim penyebab sel kulit menjadi hitam yaitu, tirosinase, dan kentang mempengaruhi pembentukan kolagen sehingga noda hitam di wajah dapat hilang. Namun tahukah Minasan apa sebenarnya yang menyebabkan flek hitam atau noda hitam pada wajah selain karena jerawat?
1. Terlalu Sering Terpapar Sinar Matahari
Sering terpapar sinar matahari akan membuat kulit wajah menjadi belang-belang. Bahkan secara tidak langsung menjadikan kulit wajah menurun kekebalannya. Sehingga wajah yang panas karena sinar matahari akan menerima radiasi yang dapat menimbulkan pengaruh noda hitam. Akan timbul bercak atau noda-noda berwarna hitam di beberapa bagian karena kulit wajah yang terbakar di bagian tertentu.
2. Faktor Genetik Orang Dewasa
Ternyata diketahui salah satu penyebab timbulnya flek hitam dikarenakan oleh faktor genetik. Namun faktor genetik ini baru akan muncul ketika seseorang sudah beranjak dewasa. Faktor genetik inilah yang menyebabkan timbulnya noda hitam di kulit wajah.
3. Obat Hormonal Dengan Efek Samping
Kebiasaan seorang wanita yang sering atau pernah mengonsumsi obat hormonal biasanya memicu munculnya noda hitam. Noda hitam adalah efek samping yang ditimbulkan. Ketika seorang wanita mengkonsumsi obat KB, biasanya efek samping yang ditimbulkan adalah noda hitam.
4. Jerawat yang Dipencet Dengan Tangan
Ini adalah kebiasaan buruk dan sering menimbulkan noda hitam di kulit wajah. Ketika wajah berjerawat dan tangan yang gatal ingin memencet jerawat, maka noda hitam tidak dapat terelakkan. Bukannya jerawat hilang, melainkan noda hitam yang terbentuk. Apalagi ketika tangan tidak steril saat memencet jerawat, maka flek hitam akan terbentuk di sekitar kulit wajah tempat jerawat tumbuh.
5. Kulit Sensitif Akibat Makeup Dengan Kandungan Merkuri
Flek Hitam atau noda hitam juga dapat timbul karena pemakaian makeup yang mengandung merkuri. Mungkin sudah tidak asing lagi bahwa merkuri adalah bahan kimia berbahaya dan tidak diharapkan ada pada komposisi makeup. Ketika seorang wanita memakai makeup bermerkuri, maka kulit pun akan menjadi sensitif dan menimbulkan noda hitam.
6. Wanita Hamil
Kehamilan juga menjadi salah satu penyebab timbulnya noda hitam di kulit wajah. Faktor hormonal serta adanya janin di dalam kandungan juga dapat memicu perubahan hormonal pada kulit termasuk kulit wajah.
Flek hitam menjadi bagian masalah pada kulit wajah setiap wanita yang tidak dapat didiamkan. Keberadaan noda hitam di kulit wajah akan menjadikan kulit wajah kusam, kotor, serta memicu pertumbuhan bakteri. Setiap wanita tidak boleh menganggap sepele adanya noda hitam. Jika tidak segera dihilangkan, akan berpengaruh pada noda yang permanen pada kulit wajah.