Flek hitam menjadi salah satu masalah kulit yang cukup mengganggu. Ada beberapa faktor yang diketahui menjadi penyebabnya. Salah satunya adalah jerawat membandel yang seringkali meninggalkan bekas luka yang juga tidak mudah dihilangkan. Selain itu, sering terpapar sinar matahari juga dapat memicu munculnya noda hitam pada wajah. Tentu saja hal tersebut bukan pertanda baik karena dapat menurunkan rasa percaya diri. Namun Minasan tidak perlu khawatir, sejumlah bahan alami diketahui dapat digunakan sebagai bahan treatment mengusir noda hitam pada kulit wajah. Kira-kira bahan apa saja yang bermanfaat untuk treatment tersebut? Berikut merupakan bahan alami yang dapat Minasan manfaatkan.
1. Jeruk Nipis atau Lemon
Bahan alami pertama yang dapat Minasan manfaatkan untuk mengusir flek hitam di wajah adalah jeruk nipis atau lemon. Kedua bahan tersebut memiliki kandungan vitamin C tinggi dan beberapa mineral bermanfaat lain. Treatment jeruk nipis atau lemon pun mudah dicoba bahkan dari rumah Minasan sendiri. Caranya dengan mengoleskan air perasan jeruk nipis atau lemon pada area wajah yang didapati noda hitam membandel. Mungkin akan terasa sedikit perih, tetapi hal itu wajar karena kandungan asam dalam jeruk nipis. Lakukan secara rutin setiap malam dan biarkan tanpa perlu bilas. Di pagi harinya setelah Minasan bangun tidur, lanjutkan dengan bilas air hangat sampai bersih.
2. Mentimun
Buah mentimun diketahui memiliki efek menenangkan dan mendinginkan kulit. Siapa sangka bila ternyata mentimun juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda hitam di wajah. Cukup parut 1-2 buah mentimum masak lalu gunakan sebagai masker alami. Treatment dengan masker mentimun ini bisa Minasan lakukan rutin setiap 2 hari sekali sampai flek hitam benar-benar hilang.
3. Tomat
Tidak kalah ampuh dibanding mentimun, tomat juga dapat membantu mengusir noda hitam di wajah. Lebih dari itu kandungan nutrisi di dalam tomat juga membantu mencerahkan kulit wajah secara alami. Untuk mendapatkan manfaat tersebut hancurkan tomat dengan mesin blender lalu gunakan sebagai makser. Sebagai opsi lain Minasan bisa juga mengiris-iris tomat untuk dioleskan secara langsung pada area dengan flek hitam setiap malamnya.
4. Lidah Buaya
Lidah buaya atau yang juga dikenal sebagai Aloe vera ternyata tidak hanya berkhasiat untuk perawatan rambut. Lidah buaya diketahui memiliki kandungan alami yang dapat membantu mengusir noda hitam akibat jerawat atau luka pada wajah. Perawatan dengan lidah buaya ini terbilang mudah. Cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya di area kulit dengan noda hitam atau bagian yang lain.
5. Semangka
Semangka segar ternyata juga memiliki khasiat sama untuk mengatasi noda hitam pada wajah. Semangka segar dapat Minasan olah menjadi masker alami dengan cara menghancurkannya secara manual ataupun diblender. Masker semangka selanjutnya bisa diaplikasikan pada wajah secara merata lalu diamkan sampai kering. Kemudian perawatan dapat dilanjutkan dengan membilas bersih dan pastikan tidak ada sisa masker yang menempel pada wajah. Perawatan masker semangka ini pun baik dilakukan rutin 2 hari sekali.
Itulah beberapa cara yang dapat Minasan coba untuk mengusir noda hitam di wajah. Tentu sejumlah cara yang diberikan terbilang aman dan efektif karena menggunakan bahan-bahan alami.
Perawatan dengan bahan alami dapat memberikan hasil optimal jika dilakukan secara rutin. Selain itu, senantiasa jaga kebersihan kulit supaya tidak memicu munculnya jerawat, yang tidak lain merupakan bakal dari flek hitam.