Resep tradisional selalu menjadi andalan untuk mengatasi berbagai masalah mulai dari kecantikan sampai kesehatan, termasuk masalah bau ketiak yang mengganggu. Banyak bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi penyebab bau ketiak. Selain mudah didapat, bahan-bahan alami lebih aman karena minim efek samping dan lebih efektif untuk mencegah dan mengatasi bau ketiak.
Ramuan Kunyit untuk Mengatasi Penyebab Bau Ketiak
Kunyit adalah salah satu bahan herbal yang kerap digunakan untuk kecantikan maupun kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengatasi bau ketiak yang asam dan tajam. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menghilangkan penyebab bau ketiak adalah kunyit dan gula aren. Caranya:
Ambil 2 buah kunyit dan cuci bersih
Parut kunyit lalu saring airnya
Campurkan sari kunyit (sekitar 2/3 gelas) dengan gula aren dan air panas
Aduk rata dan biarkan mengendap di dasar gelas
Minum setiap hari menjelang tidur
Selain ramuan di atas, kunyit juga sering digunakan untuk mengatasi bau ketiak dan penyebabnya. Anda tentu akrab dengan jamu kunyit asam, bukan? Bahkan jamu ini sudah tersedia secara komersil dalam sediaan siap minum. Namun, jika anda ingin hasil yang lebih alami dan aman, tentu menyiapkannya sendiri di rumah merupakan pilihan yang tepat. Berikut adalah caranya:
Bahan: 1/2 kg kunyit, 1/2 kg asam jawa, 1/4 gula jawa, garam seujung sendok teh, dan 2 liter air
1. Bersihkan dan parut kunyit untuk mendapatkan sarinya.
2. Rebus air perasan kunyit bersama bahan lainnya.
3. Aduk rata dan masak hingga sampai mendidih.
4. Minum ramuan ini sekali sehari. Jika tidak habis, jamu kunyit asam bisa disimpan di dalam lemari es untuk Minasan konsumsi esok harinya.
Ramuan Jeruk Limau untuk Mengatasi Penyebab Bau Ketiak
Bahan alami berikutnya yang populer digunakan untuk mencegah bau ketiak dan untuk mengatasinya secara permanen adalah jeruk limau. Bahan ini tentu mudah didapat, bukan? Jeruk limau mengandung antiseptik alami, vitamin C, dan antioksidan yang dipercaya dapat mengatasi penyebab bau ketiak dari dalam serta mencerahkan kulit. Sehingga, aroma yang keluar tidak lagi bercampur dengan aroma asam yang tidak sedap.
Ada beberapa ramuan yang bisa Minasan coba dengan menggunakan jeruk limau sebagai bahan dasarnya. Di antaranya:
1. Haluskan sepotong tawas dan campurkan dengan 1 sendok makan air perasan jeruk limau. Oleskan ramuan ini setelah mandi setiap harinya.
2. Haluskan daun sirih dan ambil air perasannya, dan campurkan bersama perasan jeruk limau. Gosokkan pada bagian ketiak sebelum tidur atau sehabis mandi.
3. Ambil 1 buah jeruk limau dan peras airnya, campurkan bersama 1 sendok makan kapur sirih, 1 sdt bubuk merica dan 1 sdt bubuk kapur barus. Oleskan ramuan pada ketiak dan diamkan selama beberapa saat sebelum dibersihkan (lakukan 30 menit atau 1 jam sebelum mandi).
4. Gosokkan potongan jeruk limau dan lemon yang belum terlalu matang pada ketiak.
Pada dasarnya, penyebab bau ketiak adalah pola hidup dan pola makan yang tidak sehat, sehingga tubuh mengeluarkan reaksi dalam bentuk bau yang kurang sedap. Oleh sebab itu, cara pertama untuk mengatasinya adalah mempraktekkan kebiasaan hidup bersih. Jika mandi dengan sabun biasa tidak cukup, maka Minasan bisa mencoba shower gel atau foam yang diformulasikan khusus untuk mengatasi bakteri yang melekat pada tubuh.