Memilih toner wajah untuk kulit berjerawat itu susah-susah gampang karena tidak bisa sembarang toner. Sebelumnya toner sendiri merupakan salah satu tahapan perawatan kulit wajah yang bekerja dengan cara membersihkan sisa kotoran menempel yang tidak bisa dibersihkan secara tuntas oleh pembersih. Mungkin Minasan pun pernah mengalami ini. Misalnya setelah memakai produk pembersih, ternyata kulit wajah masih terasa lengket. Hal tersebut merupakan indikasi bahwa masih ada sisa kotoran menempel yang perlu dibersihkan tuntas.
Selain bermanfaat untuk membersihkan, toner juga memiliki efek menyegarkan kulit wajah sekaligus mengembalikan pH kulit. Kondisi ini biasa disebut astrigent walau sebenarnya bergantung dengan kandungan toner yang digunakan. Astrigent merupakan toner khusus untuk jenis kulit berminyak dan cenderung berjerawat. Jenis toner ini biasanya telah bercampur dengan air dan alkohol dan tidak jarang pula ditambahkan bahan penghilang jerawat. Secara keseluruhan kandungan astrigent ampuh mengurangi minyak berlebih dan mengeringkan jerawat membandel. Berikut ini diberikan beberapa bahan alami yang dapat Minasan olah menjadi toner wajah untuk kulit berjerawat:
1. Toner Alami Lemon
Lemon memiliki banyak manfaat perawatan kulit. Mulai dari mengangkat sel kulit mati, mengusir flek hitam, mencerahkan kulit, dan tidak terkecuali mengatasi jerawat membandel. Adapun toner alami lemon bisa Minasan buat dengan menyiapkan buah lemon segar. Potong menjadi 2 bagian lalu peras untuk mendapatkan sarinya. Sari lemon inilah yang berfungsi sebagai toner alami untuk membersihkan jejak kotoran menempel. Gunakan bantuan kapas wajah yang lembut agar sisa kotoran tersapu sempurna. Toner alami lemon mempunyai efek astrigent yang akan membuat pori-pori berkontraksi sehingga kulit terasa kencang kembali. Bila toner tidak habis bisa disimpan dalam lemari pendingin agar toner wajah untuk kulit berjerawat bisa digunakan lagi.
Hati-hati karena didominasi oleh kandungan asam wajar bila terasa sedikit perih pada kulit. Oleh karena itu, sebelum memakai toner alami lemon coba lakukan tes kecil dengan mengoleskan sedikit toner lemon ke kulit. Bila tidak ada reaksi parah berarti Minasan bisa melanjutkan perawatan.
2. Toner Alami Mentimun
Mentimun biasanya digunakan sebagai masker wajah dengan cara dipotong tipis. Selain untuk masker mentimun juga bisa Minasan olah menjadi toner alami. Hal ini karena mentimun juga memiliki efek astrigent untuk mengatasi jerawat membandel. Lebih dari itu mentimun memiliki efek mendinginkan, mengenyalkan, dan menenangkan kulit. Dalam hal ini Minasan bisa mengupas mentimun segar lalu menghaluskan dagingnya. Saring untuk mendapatkan sarinya. Toner alami mentimun pun bisa langsung diaplikasikan pada kulit berjerawat.
Sebagai opsi lainnya Minasan juga bisa menambahkan satu sendok sari lemon ke dalam toner wajah untuk kulit berjerawat dari mentimun yang sudah dibuat. Kombinasi sari lemon dan sari mentimun ini pun akan memberikan manfaat ganda menghilangkan jerawat dan sekaligus menyegarkan kulit wajah Minasan.
3. Toner Alami Teh Hijau
Teh hijau selama ini diketahui memiliki komponen antioksidan yang baik untuk perawatan kulit. Teh hijau pun sudah terbukti ampuh menunda penuaan kulit dan mengurangi rasa tidak nyaman pada kulit karena stress. Hal ini karena teh hijau mempunyai sifat anti bakteri dan anti inflamasi. Untuk membuat toner wajah untuk kulit berjerawat Minasan dapat menyedu teh hijau dalam satu mangkuk kecil. Minasan bisa menyedu daun teh hijau atau teh hijau celup. Biarkan teh sampai dingin baru Minasan bisa menggunakannya sebagai toner.
Sifat antioksidan dan antiseptik dalam teh hijau akan membantu mengobati jerawat membandel. Tentunya dengan cara pembuatan yang mudah, Minasan bisa melakukan perawatan ini kapan saja.
Itulah beberapa bahan alami yang dapat dibuat secara khusus sebagai astrigent atau toner wajah untuk kulit berjerawat. Tentu ada pula jenis toner yang lain misal face tonic untuk jenis kulit normal dan toner penyegar dengan kandungan alkohol rendah untuk kulit kering dan sensitif.