Beberapa cara menghilangkan bulu di badan bisa dicoba secara aman. Umumnya bulu pada wanita jauh lebih kecil dan halus dibanding bulu pada tubuh pria. Namun bulu di tubuh wanita pun bisa tumbuh lebih tebal, hitam, dan panjang dari kondisi normal. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhinya adalah hormon. Hormon androgen merupakan hormon pemicu sifat kejantanan yang ditandai dengan tumbuh rambut atau bulu halus di badan lebih subur dibanding kondisi normal.
Adanya bulu di badan tentu membuat rasa tidak nyaman atau malah tidak percaya diri, terutama bagi para wanita yang peduli dengan penampilan. Bila merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri dengan bulu yang memenuhi badan, baik di tangan, kaki, atau kumis tentu tidak perlu khawatir lagi. Seiring dengan kecanggihan teknologi sekarang ini ada banyak cara aman yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bulu di badan. Pastinya cara yang akan diberikan pada kesempatan kali ini jauh lebih aman dibanding mencabut bulu dengan pinset dan bercukur. Sebelumnya perlu diketahui mencabut bulu dengan pinset ternyata dapat menyebabkan pigmentasi sehingga kulit menjadi lebih gelap. Lantas apa saja cara menghilangkan bulu di badan yang aman? Berikut diberikan beberapa di antaranya:
1. Threading
Threading merupakan cara ampuh mencabut bulu halus sampai ke akar. Metode ini dilakukan memakai benang yang dipilin bagian tengahnya sampai membentuk segitiga. Dengan bantuan tangan yang terus bergerak, pilinan akan bergerak sembari mencabuti sejumlah bulu yang dilewati. Cara menghilangkan bulu di badan ini memang efektif.
Namun tetap hati-hati karena tekstur benang yang cukup tipis bisa saja malah menyebabkan iritasi, luka, atau kulit yang semakin kasar. Bagi yang memiliki bulu lebat, perawatan bisa dilakukan 2 minggu sekali. Sementara bagi yang memiliki bulu normal cukup melakukan threading sebulan sekali.
2. Waxing
Waxing merupakan metode yang populer untuk menghilangkan bulu di badan. Sepintas cara ini terlihat menyakitkan. Namun, sebenarnya bila dilakukan secara benar tidak menyebabkan rasa sakit sama sekali. Hebatnya cara ini diyakini ampuh menekan pertumbuhan bulu di bagian kaki dibandingkan dengan bercukur. Intinya cara waxing ini efektif membuat kulit kaki Minasan lebih mulus.
Cara menghilangkan bulu di badan waxing sekarang pun banyak ditawarkan di sejumlah salon kecanikan. Tetapi Minasan juga bisa mencoba sendiri di rumah. Umumnya waxing dilakukan dengan cara memoleskan lilin cair hangat secara merata pada area yang ditumbuhi bulu. Lalu kain strip ditekan merata pada lapisan lilin. Dengan gerakan cepat kain strip ini lalu ditarik ke awah berlawanan sekali sentakan agar semua bulu tercabut bersamaan. Dalam hal ini lilin cair bisa juga diganti dengan gula pekat untuk bahan pengikat.
3. Krim Penghilang Bulu
Krim penghilang bulu sekarang ini banyak ditawarkan dalam bentuk kemasan. Perawatan dengan krim ini cukup mudah dan bisa Minasan lakukan sendiri di rumah. Cukup oleskan krim pada area yang ditumbuhi bulu lalu diamkan beberapa menit. Dengan sendirinya bulu akan hilang dalam sekejap. Hal ini karena krim penghilang bulu memiliki sistem kerja memecah struktur protein rambut. Efek dari krim penghilang bulu ini bisa bertahan cukup lama dibanding bercukur.
Bila ingin mendapatkan hasil optimal, pastikan Minasan memilih produk yang berkualitas. Utamakan memilih produk krim dengan kandungan bahan soothing effect. Selain itu, lakukan perawatan sesuai dengan cara penggunaan. Karena penggunaan krim penghilang bulu yang ditujukan untuk ketiak tentu tidak cocok untuk digunakan pada kaki, begitu juga sebaliknya.
Masih ada banyak cara menghilangkan bulu di badan yang lebih canggih. Sebut saja cara elektrolisis dan laser hair removal. Apapun cara yang Minasan pilih pastikan cara tersebut aman untuk kulit.