Berbagai cara untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah bisa Minasan temukan di banyak artikel mengenai kecantikan wanita. Mulai dari cara yang melibatkan teknologi canggih, hingga menggunakan bahan-bahan tradisional dan alami bagi Minasan yang ingin lebih hemat namun tetap cantik alami. Salah satu bahan alami yang paling banyak digunakan untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah adalah sari lemon atau madu. Kedua bahan ini memang memiliki kandungan yang sangat baik terutama vitamin C dan zat antioksidan cukup tinggi sehingga tidak hanya bisa mengecilkan pori namun juga melindungi wajah dari radikal bebas. Namun bagi Minasan yang ingin mencoba cara lain untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah, berikut ini ada alternatif perawatan lain yang berbeda dari biasanya.
1. Menguapi Wajah
Membersihkan pori-pori dari kotoran yang menempel akan jauh lebih mudah apabila pori-porinya terbuka. Membuka pori-pori bisa dengan cara menguapi wajah yang dicampur dengan minyak herbal. Caranya adalah tuang air panas dalam wadah baskom, kemudian masukkan beberapa tetes minyak herbal seperti minyak mawar, lavender, rosemary, atau bisa juga memasukkan irisan buah lemon kemudian tutup wadah dengan handuk agar bahan tercampur dengan air. Setelah 5 menit, buka handuk kemudian hadapkan wajah Minasan pada uap air yang keluar dari baskom selama 10-15 menit. Uap air panas dan bahan herbalnya akan membuka pori-pori sekaligus membersihkannya dari kotoran. Setelah itu baru tutup kembali pori-pori wajah dengan membilas wajah menggunakan air dingin.
2. Toner Air Beras
Siapa sangka ternyata air beras atau air tajin memiliki khasiat untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah. Air bekas cucian beras ini bisa dimanfaatkan untuk kecantikan kulit karena selain mengecilkan pori, juga bisa mengencangkan, melembutkan kulit, dan sebagai antiperadangan sehingga jerawat bisa dicegah. Air beras mengandung asam ferulic yang merupakan zat antioksidan serta vitamin B1, C, dan E yang sangat baik untuk menjaga kulit wajah tetap awet muda. Menggunakan air beras sebagai toner sangat mudah. Minasan cukup menyisihkan air cucian beras saat hendak memasak nasi, kemudian mencelupkan kapas ke dalamnya dan ditotolkan ke wajah seperti menggunakan toner pembersih biasa.
3. Wortel
Wortel tidak hanya baik untuk kesehatan mata namun juga bisa dimanfaatkan menjadi senjata untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah. Kandungan vitamin A dan beta karoten pada wortel berperan sebagai zat antioksidan yang bisa melindungi kulit wajah dari sumber penyakit dan juga memperbaiki sel rusak pada wajah. Selain itu kandungan wortel juga bisa membersihkan wajah dari kotoran yang bersembunyi di dalam pori-pori kulit. Minasan bisa melembutkan wortel dengan cara diparut atau diblender lalu digunakan sebagai masker. Namun Minasan juga bisa mengkonsumsi wortel baik dimasak sebagai sayuran maupun dijus sehingga tidak hanya kulit saja yang cantik, namun kesehatan tubuh Minasan juga terjaga.