Obat biang keringat dari bahan alami sekiranya dibutuhkan sebagai alternatif pengobatan. Hal ini karena biang keringat atau miliaria termasuk penyakit kulit yang tidak bisa disepelekan. Biang keringat sendiri diketahui terjadi karena adanya penyumbatan pada saluran keringat. Saat saluran keringat tersumbat akan memicu munculnya bintik kecil menyerupai kantong yang lambat laun bisa membengkak atau menyebabkan terjadinya inflamasi. Bengkak itulah yang nantinya akan berubah menjadi ruam pada kulit dengan warna agak kemerahan.
Biang keringat bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari balita, anak-anak, laki-laki, dan wanita hamil. Adapun dalam hal ini bakteri yang dikenal sebagai Staphylococcus epidermidis menjadi penyebab utama terjadinya penyumbatan pada saluran keringat. Penderita biang keringat bisa memiliki jumlah bakteri 3 kali lipat lebih banyak dibanding orang sehat tanpa biang keringat. Sebenarnya bakteri tersebut memang biasa hidup di permukaan kulit dan tidak memicu infeksi atau bahaya lainnya. Hanya saja bila bakteri itu mensekresikan zat lengketnya, maka zat lengket tersebut bisa menyatu dengan keringat dan sel kulit mati yang akan menyumbat saluran keringat.
Ada beberapa kondisi biang keringat bisa bersifat membandel, sehingga membutuhkan perawatan rutin agar bisa segera ditangani. Bila tidak segera diobati tentu akan sangat mengganggu karena biang keringat menyebabkan rasa gatal luar biasa. Hal ini tentu bisa mengganggu aktivitas sehari-hari Minasan. Oleh karena itu, coba simak beberapa obat biang keringat dari bahan alami berikut:
1. Madu
Madu memiliki sejumlah kandungan berkhasiat dan baik untuk kesehatan kulit. Bahkan madu juga termasuk pelembab alami yang baik. Untuk mendapatkan manfaat ini, Minasan bisa mengaplikasikan madu alami secara langsung pada kulit yang didapati biang keringat secara merata. Diamkan kurang lebih 15-20 menit kemudian bilas sampai bersih.
Bagi Minasan yang menginginkan hasil optimal bisa mencampurkan minyak jojoba dalam madu yang akan dioleskan. Campurkan secara merata dan obat biang keringat alami ini bisa langsung digunakan. Lakukan pengobatan dengan campuran madu dan minyak jojoba secara rutin 3-4 kali dalam seminggu.
2. Lidah Buaya
Lidah buaya ternyata tidak hanya berkhasiat menjaga kesehatan rambut saja. Bermacam masalah kulit termasuk biang keringat nyatanya bisa juga diatasi dengan tanamah keras dengan batang daun berduri ini.
Cara pengobatan dengan lidah buaya mudah saja. Ambil lidah buaya secukupnya lalu belah batangnya untuk mendapatkan gel alaminya. Oleskan gel lidah buaya pada area kulit dengan biang keringat. Diamkan sampai kering lalu bilas. Untuk mendapatkan hasil optimal lakukan perawatan secara rutin.
3. Minyak Jarak
Obat biang keringat alami berikutnya adalah minyak jarak. Minyak jarak sebelumnya diketahui mampu membantu mengontrol produksi minyak berlebih yang juga menjadi salah satu penyebab pori-pori tersumbat.
Minasan cukup mengoleskan setengah sendok makan minyak jarak pada area kulit dengan biang keringat. Oleskan sembari memijat ringan dengan gerakan memutar. Dengan perawatan rutin biang keringat bisa disembuhkan.
Demikian beberapa bahan alami yang dapat Minasan manfaatkan sebagai obat biang keringat. Untuk biang keringat membandel yang menyebabkan rasa gatal tidak tertahankan, Minasan bisa mengurangi rasa gatal tersebut dengan menggosok es batu pada kulit dengan biang keringat. Bila biang keringat tidak segera sembuh segera konsultasikan dengan dokter kulit kepercayaan untuk mendapat penanganan yang benar.