Manusia lahir dalam keadaan kulit yang mulus dan bersih. Namun seiring bertambahnya umur, akan muncul perubahan fisik yang disebabkan oleh hormon yang berkembang. Salah satu perubahan fisik tersebut adalah tumbuhnya bulu-bulu di badan. Bagi para pria, tumbuhnya bulu ini justru menjadi penMinasan kejantanan dan menjadi kebanggaan tersendiri. Namun bagi wanita memiliki bulu yang tumbuh panjang pada beberapa area tubuh justru akan mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Bulu badan yang mengganggu salah satunya adalah bulu hidung yang bisa tumbuh keluar dari hidung. Menghilangkan bulu hidung dengan cara dicabut akan menyebabkan resiko masalah kesehatan yang berujung pada radang otak karena infeksi. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Minasan perhatikan saat menghilangkan bulu hidung.
1. Bilas Dengan Air Dingin
Cara menghilangkan bulu hidung panjang yang mudah adalah dengan mencukurnya menggunakan gunting khusus yang disebut dengan hair nose trimmer atau clipper. Setelah mencukur, biasanya hidung akan terasa gatal karena ujung-ujung rambut yang baru dipotong akan terasa menusuk-nusuk bagian dalam hidung. Agar tidak terasa gatal setelah mencukur bulu hidung, bilas dengan air dingin sampai ke bagian dalam hidung untuk membersihkan hidung dari kotoran dan melembutkan dinding hidung.
2. Menjaga Kelembaban Hidung
Untuk mengurangi rasa gatal setelah mencukur bulu hidung, sebaiknya kelembaban hidung tetap dijaga setiap hari. Cara menghilangkan bulu hidung adalah menjaganya agar tetap lembab sehingga mudah dicukur. Menjaga agar hidung tetap lembab bisa bersamaan dengan menjaga kelembaban wajah. Bersihkan wajah setiap hari dengan sabun pembersih kemudian setelah kering gunakan moisturizer atau pelembab secara merata pada wajah agar tidak kering. Menjaga kelembaban hidung juga bisa mencegah hidung terasa kering dan gatal karena banyak kotoran yang tersaring pada bulu-bulu hidung.
3. Bersihkan Bagian Dalam Hidung
Salah satu cara menghilangkan bulu hidung yang aman dan tidak menyebabkan iritasi adalah dengan menjaga kebersihan hidung. Bagian dalam hidung kerap terasa gatal dan risih karena bulu hidung berfungsi sebagai penyaring kotoran dan debu yang terbawa bersama dengan oksigen yang kita hirup. Kotoran-kotoran tersebut akan terkumpul yang menyebabkan kita ingin membersihkannya dengan cara mengupil. Padahal mengupil juga bisa merusak pertumbuhan bulu hidung bahkan tidak sengaja tercabut. Bulu hidung yang tumbuhnya tidak teratur akan menyebabkan infeksi dan gatal-gatal. Cara menghilangkan bulu hidung yang kotor adalah dengan membersihkannya menggunakan cotton bud. Membersihkan cotton bud lebih aman daripada menggunakan jari karena hanya kotorannya saja yang menempel pada cotton bud, bukan bulu hidung. Agar kotoan menempel dengan lebih baik saat dibersihkan dengan cotton bud, olesi dengan baby oil sebelum digunakan.
4. Kompres Dengan Es Batu
Mencukur bulu hidung memang merupakan cara yang paling aman untuk menghilangkan bulu hidung, tetapi bukan berarti tanpa resiko. Menggunakan gunting untuk mencukur atau memotong bulu hidung yang panjang bisa menimbulkan luka pada bagian dalam hidung bila tidak hati-hati. Jika ada luka di bagian dalam hidung Minasan, segera kompres dengan menggunakan es batu agar luka segera menutup dan tidak ada darah yang keluar. Es batu bisa membantu menutup luka dengan lebih cepat dan mencegah terjadi infeksi karena luka yang terbuka. Mencukur bulu hidung pun bisa lebih aman dan nyaman.