Pengertian masyarakat umum mengenai diet adalah untuk menurunkan berat badan padahal bukan itu arti diet sebenarnya. Arti diet yang sesungguhnya adalah lebih kepada perencanaan makan atau meal planning sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Tujuan diet antara lain adalah untuk mengurangi resiko terkena penyakit terutama kardiovaskular, diet makanan untuk pengidap penyakit misalnya jantung dan diabetes, dan diet untuk bisa menurunkan berat badan.
Diet untuk menurunkan berat badan menggunakan prinsip perhitungan kalori dan membuat tubuh defisit kalori. Untuk mendapatkan energi, tubuh mendapatkan sumbernya berupa kalori hasil dari makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu agar berat badan bisa turun, aktivitas sehari-hari harus lebih banyak dibandingan dengan asupan kalori yang dikonsumsi. Hal ini akan menyebabkan tubuh mengambil sumber kalori dari cadangan energi berupa lemak sehingga kadar lemak dalam tubuh bisa berkurang. Namun sebaiknya jadikan penurunan berat badan menjadi tujuan akhir dari diet Anda, yang penting diet untuk kesehatan. Berikut adalah tips diet dengan pola makan sehat.
1.Biasakan sarapan pagi
Sarapan adalah makanan yang paling penting sebagai sumber energi untuk menjalankan aktivitas seharian. Bila Anda melewatkan waktu sarapan maka pada siang harinya akan terasa sangat lapar sehingga jumlah kalori yang dikonsumsi terlalu banyak. Sarapanlah dengan sumber karbohidrat kompleks karena mengandung serat yang tinggi sehingga rasa kenyang tahan lebih lama. Karbohidrat kompleks juga memiliki GI yang lebih rendah dibanding karbohidrat biasa pada nasi putih. Menu sarapan bisa dengan oat meal, roti gandum, nasi merah, atau ubi.
2.Berhenti makan berat sebelum tidur
Tubuh memerlukan waktu beberapa jam untuk mencerna makanan agar tidak terjadi penumpukan lemak dan zat-zat tidak berguna lainnya. Karena itu waktu makan malam yang tepat adalah sebelum pukul 6 sore untuk memberikan waktu yang cukup bagi sistem pencernaan dan sistem metabolisme. Jika pada malam hari Anda merasa kelaparan, konsumsi air putih atau buah-buahan yang lebih mudah dicerna oleh tubuh dan mengandung kalori rendah.
3.Hindari cemilan kaya garam dan gula
Kandungan garam yang tinggi pada makanan kecil biasa akan membuat Anda sulit berhenti makan, selain itu garam juga menyerap air dalam tubuh sehingga bisa membuat dehidrasi. Kandungan gula berlebihan dapat menyebabkan sistem metabolisme terganggu dan menghambat sirkulasi darah. Diet dengan pola makan sehat selanjutnya adalah ganti cemilan Anda dengan makanan yang sehat seperti kacang almond yang dipanggang, atau popcorn. Kacang almond dan popcorn memiliki nilai nutrisi yang lebih baik dan termasuk rendah kalori jika dikonsumsi dalam jumlah sewajarnya. Atau bisa juga mengkonsumsi pudding atau salad buah yang kaya serat untuk melancarkan pencernaan dan buang air besar sehingga tumpukan lemak sisa metabolsime bisa dibuang keluar tubuh.
4.Kurangi junk food
Junk food adalah makanan dengan kandungan nutrisi yang rendah dan didominasi oleh karbohidrat serta protein hewani. Sesekali mengkonsumsi junk food untuk kesenangan tidak masalah, namun jika setiap hari hanya makan junk food maka ini bukan diet dengan pola makan sehat. Olah sendiri makanan Anda dengan cara direbus, dikukus, dipanggang atau digoreng dengan minyak zaitun yang terdiri dari variasi sayuran dan lauk.