Berat badan ideal sebenarnya merupakan hal yang relatif karena pendapat setiap wanita tentu berbeda. Ada orang yang menganggap tubuh ideal adalah yang sangat ramping seperti model-model papan atas, tetapi ada pula yang lebih suka bentuk tubuh curvy ala Kim Kardashian. Sesungguhnya para ahli kesehatan telah menetapkan standar untuk berat tubuh ideal yang dapat kita hitung sendiri menggunakan beberapa rumus seperti rumus BMI (Body Mass Index), atau dengan standar brocha. Sebelum mengulas tentang perhitungan rumus-rumus tersebut, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu strategi untuk memperoleh bentuk tubuh ideal dengan berat yang seimbang.
Cara Sederhana Mendapatkan Berat Badan Ideal
1. Menikmati Makanan
Mulai saat ini jangan melakukan aktivitas lain bersamaan dengan makan. Duduklah dengan tenang di meja makan dan nikmatilah setiap suapan yang masuk ke mulut Minasan. Kunyah makanan dengan baik, fokuskan pikiran pada kegiatan Anda saat itu, dan berhenti makan saat tubuh mengatakan sudah cukup. Upaya ini akan mempertahankan berat badan ideal karena Anda akan terhindar dari lapar mata dan keinginan untuk ngemil.
2. Cermat Dalam Memilih Makanan
Saat menghadiri acara pesta dengan model buffet biasanya kita akan kalap dan banyak mengonsumi hidangan berkalori tinggi. Untuk menyiasati hal ini, agar tak terlalu tergoda dengan aneka hidangan lezat di meja prasmanan, isi perut dulu dengan makanan yang berserat tinggi dan membuat Anda kenyang dalam waktu lama. Satu porsi salad sayuran atau buah dapat menjadi pilihan.
3. Dengarkan Tubuhmu
Saat sedang bosan atau sulit tidur di malam hari, Minasan akan cenderung untuk makan sesuatu untuk mengalihkan perhatian. Bila tak dapat memutuskan apakah sedang merasa bosan atau benar-benar lapar, cobalah bertanya kepada diri sendiri, apakah Minasan dapat menyantap sebutir apel atau tidak. Jika jawabannya adalah tidak, berarti Minasan tahu jika Minasan tidak benar-benar lapar dan hanya sedang bosan.
4. Hidangan Pembuka
Untuk mempertahankan berat badan ideal sangat penting untuk memakan hidangan pembuka saat di restoran. Semangkuk sup akan membuat Minasan sedikit kenyang sehingga porsi makanan utama dapat dipilih yang lebih kecil.
5. Air Putih
Jika Anda sedang dalam misi menurunkan berat badan untuk mendapatkan berat badan ideal, sebelum mulai makan minumlah segelas air putih. Kebiasaan ini akan membuat perut terisi sehingga Anda dapat mengendalikan diri untuk tak mengonsumsi makanan secara berlebihan.
6. Ngemil
Tak ada larangan untuk ngemil atau makan di luar jam-jam biasa. Tetapi mulai saat ini ganti kue-kue manis, snack, atau makanan berkalori tinggi lainnya dengan buah potong. Saat Minasan merasa agak lapar, Minasan dapat langsung mengambil buah-buahan ini. Selain berat badan ideal tetap terjaga, tubuh pun akan lebih bugar.
Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Cara Paling Mudah
Agar memperoleh berat badan ideal Minasan dapat menghitung sendiri dengan rumus yang sangat sederhana, yaitu:
Berat Badan ideal (BBI) = (Tinggi Badan - 100) X 90%.
Contoh:
Denis mempunyai tinggi badan 160 cm. Berat tubuh idealnya adalah:
BBI = (160 - 100 ) X 90% = 54 Kg
Nah, tak sulit bukan untuk mendapatkan angka berat tubuh ideal Minasan.
Satu tips lagi untuk memperoleh atau mempertahankan berat badan ideal adalah dengan melakukan olahraga secara teratur misalnya dua atau tiga minggu sekali. Agar lebih bersemangat melakukannya lakukan olahraga yang menjadi hobi Minasan. Dengan demikian selain mendapatkan fungsi kebugaran tubuh, olahraga juga dapat menjadi sarana rekreasi.