Kebanyakan orang menyangka bahwa mereka yang tengah menjalani program diet harus menghindari bahan makanan yang mengandung protein terutama protein hewani. Hal ini tak sepenuhnya benar, karena dalam proses metabolismenya, tubuh kita masih membutuhkan nutrisi yang berasal dari makanan yang mengandung protein. Beberapa daging hewan bahkan bila dikonsumsi dengan cara yang tepat akan membantu Anda memperoleh berat badan ideal. Tentu saja dalam memilih menu diet harus mencakup berbagai bahan makanan lain selain makanan berprotein untuk mendapatkan menu sehat dan seimbang
Jenis Makanan Berprotein untuk Membantu Mendapatkan Berat Badan Ideal
Beberapa jenis makanan yang berprotein tinggi berikut ini sangat disarankan untuk dimasukkan pada menu diet harian Minasan. Selain dapat memperoleh berat badan ideal, tubuh juga akan lebih bugar karena tercukupinya kebutuhan nutrisi.
1. Daging Merah Tanpa Lemak
Konsumsi daging merah atau daging sapi tanpa lemak akan membantu Minasan mendapatkan berat badan ideal karena kandungan kolesterol dan zat besi pada daging merah efektif untuk mencegah penumpukan lemak akibat peningkatan hormon testosteron. Selain itu nutrisi yang terkandung dalam daging merah antara lain adalah creatine, hormon pertumbuhan, zat besi, dan vitamin B. Olah daging merah dengan cara memasak yang minim menggunakan minyak goreng untuk memperoleh manfaat optimalnya.
2. Daging Kambing
Berdasarkan penelitian, daging kambing atau domba sangat cocok untuk program penurunan berat badan demi mendapatkan berat badan ideal. Hal ini karena daging kambing mempunyai kandungan kalori dan lemak yang lebih rendah dibandingkan hewan berkaki empat lainnya. Daging kambing juga kaya akan zat gizi, yaitu beragam vitamin, selenium, tembaga, fosfor, selenium, dan zat besi. Santap daging kambing dengan sayuran dan tanpa karbohidrat agar lebih mudah dicerna oleh tubuh.
3. Daging Unggas
Daging unggas, baik ayam maupun bebek sangat populer dalam ragam kuliner Indonesia. Saat sedang menjalankan program diet untuk memperoleh berat badan ideal, jangan pantang makan daging yang rasanya lezat ini. Daging unggas mempunyai kandungan gizi berupa asam amino, protein, vitamin B6, dan lain-lain. Selain itu, daging unggas akan membantu untuk membentuk tubuh menjadi ramping juga membentuk otot tubuh. Olah daging dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang sebagai menu dietmu.
4. Kacang Hijau
Kacang hijau dan kacang kedelai adalah sumber protein nabati yang dapat menjadi pengganti protein hewani dalam menu program dietmu. Kacang hijau merupakan jenis bahan makanan dengan karbohidrat rendah, bebas lemak, serta mempunyai kandungan gizi yang baik untuk mencukupi nutrisi tubuh kita. Berbagai kandungan zat gizi tersebut adalah vitamin, mineral, asam esensial yang berguna untuk menjaga kadar normal kolesterol dalam darah, dan antioksidan penangkal efek buruk radikal bebas. Selain dapat membantu mendapatkan berat badan ideal, kacang hijau juga berkhasiat untuk melancarkan pencernakan dan menyembuhkan sembelit.
5. Susu Sapi Tanpa Lemak
Susu sapi non fat dapat membantu Minasan mencukupi kebutuhan kalsium demi kepadatan tulang. Jadi jangan lewatkan konsumsi susu walaupun tengah berdiet demi memperoleh berat badan ideal. Tetapi tentu yang harus dikonsumsi adalah susu tanpa lemak alias non fat. Selain itu, susu juga mempunyai kandungan zat gizi lain yang dibutuhkan tubuh seperti antioksidan, vitamin D, protein whey, dan lain sebagainya. Selain susu Minasan juga dapat mengkonsumsi yoghurt dan produk susu rendah lemak lainnya.
Demikianlah beberapa bahan makanan berprotein yang dianjurkan dikonsumsi dalam program dietmu untuk memperoleh berat badan ideal. Semoga bermanfaat!