Diet dengan pola makan sehat merupakan cara yang paling sering dianjurkan oleh pakar kesehatan. Jika dilakukan dengan serius dan sesuai petunjuk, maka seseorang dapat melihat hasil maksimal dalam kurun waktu relatif singkat.
Ada banyak cara diet yang bisa Minasan coba dan temukan dengan mudah. Untuk lebih terpercaya Minasan bisa mengikuti petunjuk dari ahli yang sudah terkenal. Mestki ada berbagai macam petunjuk, semua tips diet dengan pola makan sehat akan menganjurkan Minasan untuk memperhatikan poin-poin penting berikut ini.
1. Pembagian Waktu Makan
Waktu makan untuk mensukseskan program diet paling banyak dibagi menjadi tiga. Yakni sarapan, makan siang dan makan malam. Namun, ada beberapa tips yang membagi waktu makan 4 kali sehari dengan penambahan makan sore.
Sepintas pembagian waktu tersebut sama saja dengan kebiasaan makan sehari-hari. Yang membedakan adalah menu makanan sehat yang disajikan. Minasan perlu mengatur dan mengontrol makanan yang masuk ke tubuh. Misalkan saat pagi dan siang hari disarankan mengkonsumi makanan kaya serat agar memiliki energi untuk berkativitas.
Porsinya harus diatur seperti 8 sendok makan nasi, 150 gr lauk bebas lemak, segelas susu low fat, sayur dan buah-buahan. Intinya jangan asal kenyang dan cukupi kebutuhan nutrisi serta mineral dalam tubuh.
2. Perbanyak Konsumsi Air Putih
Sesuai petunjuk kesehatan yang umum, biasakan meminum air putih 8 gelas per hari dengan pembagian rata. Yakni dua gelas saat sarapan, dua gelas ketika makan siang, dua gelas di sore hari dan dua gelas waktu malam.
Biasanya meminum air putih disarankan beberapa menit sebelum makan dimulai. Dari hasil studi, meminum 2 gelas air putih sebelum makan merupakan langkah terbaik untuk melaksanakan program diet dengan pola makan sehat.
3. Makan Secara Perlahan, Sedikit Tapi Sering
Makan secara perlahan dapat memberikan efek kenyang lebih lama, itulah mengapa cara ini sangat dianjurkan. Selain itu, porsi yang diatur sedikit tapi sering (sesuai pembagian waktu diet) juga dinilai sebagai cara terbaik untuk diet. Alasannya karena dapat meningkatkan metabolisme tubuh.
4. Hindari Makanan Siap Saji dan Junk Food
Makanan cepat saji dan junk food cukup populer di tengah masyarakat modern. Namun sayangnya jenis makanan ini berdampak buruk pada kesehatan dan sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menjalani program diet. Junk food juga sering menggagalkan diet karena mengandung zat-zat yang berlemak tinggi, memicu peradangan dan sebagainya. Akan jauh lebih sehat jika Minasan memasak makanan sendiri di rumah untuk mengontrol porsi dan takarannya.
5. Biasakan Minum Susu Rendah Lemak
Jika sebelum makan dianjurkan meminum air putih, maka setelah makan sangat baik membiasakan diri minum segelas susu low fat. Susu memiliki banyak manfaat untuk tubuh mulai dari kalsium, vitamin dan sebagainya. Kebiasaan ini dapat membantu memaksimalkan diet dengan pola makan sehat yang sedang dijalankan.
6. Boleh Ngemil Asal Sehat
Orang yang sehat tetap diperbolehkan ngemil makanan sehat. Misalnya sepert kacang-kacangan, popcorn dan sebagainya. Cemilan tersebut justru membantu meningkatkan metabolisme. Biasanya waktu yang disarankan untuk ngemil ialah sore hari. Minasan tak perlu makan berat dan cukup mengisi asupan dengan cemilan sehat saja.
7. Dilarang Makan Sebelum Tidur
Pakar kesehatan paling sering melarang orang diet untuk makan malam 2-3 jam sebelum tidur. Tindakan ini justru akan menimbun lemak dan membuat diet gagal. Jika kondisinya benar-benar lapar disarankan memakan buah-buahan segar saja. Terakhir, jangan lupa untuk melakukan olahraga ringan dan rutin.