Kulit yang berjerawat lebih sensitif terhadap perlakuan apapun sehingga perawatannya tidak boleh sembarangan. Salah satu cara agar bisa menghilangkan jerawat adalah dengan membersihkan wajah dengan baik menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit. Membersihkan wajah juga harus diakhiri dengan menggunakan toner wajah untuk kulit berjerawat. Toner berguna untuk menyegarkan kulit dan membersihkan sisa kotoran yang tidak terangkat oleh sabun muka atau susu pembersih dan mengontrol kadar minyak yang diproduksi oleh kelenjar minyak di wajah. Kini banyak toner buatan pabrik yang dijual di toko-toko yang bisa Minasan pilih sesuai dengan kandungan yang cocok untuk kulit berjerawat. Tetapi toner juga bisa dibuat sendiri dengan bahan-bahan alami agar efeknya lebih baik untuk kulit dan aman. Berikut ini adalah rekomendasi bahan-bahan yang cocok untuk membuat toner wajah untuk kulit berjerawat.
1. Toner dari Lemon
Lemon merupakan jenis buah citrus dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu perbaikan sel-sel yang rusak dan juga berperan dalam menjaga kecantikan kulit agar tetap mulus dan cerah. Toner wajah untuk kulit berjerawat bisa Minasan dapatkan dari irisan buah lemon yang diperas airnya, kemudian ditotolkan di wajah dengan menggunakan kapas. Karena sifatnya yang asam, air perasan lemon bisa menyebabkan perih pada wajah. Sebaiknya tidak digunakan pada jerawat yang lukanya terbuka.
2. Toner dari Mint
Daun mint atau peppermint tidak hanya kerap digunakan sebagai hiasan makanan tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kulit yang berjerawat. Sensasinya yang menyegarkan bisa mendinginkan kulit dan mengurangi peradangan pada jerawat. Selain itu daun mint memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang bisa mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kotoran dari pori-pori. Daun mint juga mengandung asam salisilat yang bisa mengatasi jerawat dan mengontrol minyak pada wajah. Toner wajah untuk kulit berjerawat dari daun mint bisa dibuat dalam bentuk teh mint yang dicampurkan dengan sedikit perasan lemon lalu dioleskan pada wajah.
3. Toner dari Cuka Apel
Apel merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi dan sangat baik untuk kesehatan tubuh secara umum. Digunakan sebagai cuka dalam bentuk toner, fungsi apel adalah untuk membersihkan permukaan kulit dari kotoran yang berada di dalam pori-pori serta membunuh bakteri dan kuman yang bersarang di kulit dan menyebabkan peradangan pada kulit. Menggunakan cuka apel sebagai toner juga bisa melindungi kulit Minasan dari sinar UV yang bisa menyebabkan muncul tanda penuaan pada kulit seperti flek-flek hitam dan kerutan halus di wajah. Toner ini baik dikombinasikan bersama dengan air mawar yang sudah dikenal sebagai rahasia kecantikan wanita sejak dulu. Air mawar juga mampu membersihkan wajah dari kotoran yang menempel di pori-pori dan memberikan efek yang menyejukkan. Toner bisa dibuat dengan mencampur satu sendok teh cuka apel dengan satu sendok teh air mawar lalu gunakan setelah membersihkan wajah dengan susu pembersih.