Bulu hidung memanjang bisa menjadi masalah pada sebagian kecil wanita. Cara mengatasinya terbilang cukup sulit karena bulu tumbuh di dalam hidung. Apabila dibiarkan tentu akan sangat mengganggu penampilan.
Bulu halus yang tumbuh di hidung memang sangat penting dalam proses pernafasan. Apalagi bulu-bulu hidung berperan untuk menyaring kotoran dari udara yang kita hirup. Namun ada kalanya bulu ini tumbuh lebih panjang dari semestinya. Minasan yang mengalami hal ini tentu kebingungan mencari cara menghilangkan bulu hidung yang efektif, kan?
Bagaimana mengatasinya? Menurut para ahli ada 6 cara menghilangkan bulu hidung memanjang yang paling banyak dilakukan saat ini. Cara tersebut bisa jadi tips menarik selama penerapannya aman dan hati-hati. Hidung cukup sensitif dan bila teledor mencukur bulu hidung yang panjang bisa memicu pendarahan hingga infeksi. Tentu Minasan tak mengharapkan hal buruk terjadi setelah berhasil menghilangkan bulu hidung. Berikut cara menghilangkan bulu hidung yang direkomendasikan.
1. Trimming
Trimming adalah teknik mencukur bulu hidung menggunakan alat khusus. Alat-alat pemangkas tersebut sudah banyak beredar di pasaran dengan beragam fungsi dan variasi. Minasan bisa memilih alat cukur berupa silet maupun alat cukur elektrik.
Trimming menghilangkan bulu hidung yang memanjang beberapa senti sehingga tak tampak keluar. Jangan lupa memastikan alat cukur aman dan bersih dari kuman sebelum digunakan. Cara ini terbilang paling cepat dan efektif mengatasi masalah bulu hidung.
2. Gunting Cukur
Alat cukur berupa gunting sudah sejak lama populer dan dipakai mengatasi berbagai bulu yang tumbuh di badan. Hingga saat ini gunting menjadi cara yang paling banyak digunakan untuk menghilangkan bulu hidung. Alasannya karena alatnya mudah, murah, dan cenderung praktis. Untuk mengatasi bulu hidung disarankan memakai gunting yang ujungnya tumpul agar tak melukai permukaan bagian dalam hidung.
3. Waxing Hidung
Ini masih tergolong cara modern dan baru. Metode waxing kini tidak hanya efektif menghilangkan bulu kaki atau ketiak. Sejumlah salon perawatan juga memiliki layanan waxing untuk menghilangkan bulu hidung yang memanjang. Cara ini terbilang efektif dan aman karena bulu yang dipangkas benar-benar selektif.
Namun, melakukan waxing hidung relatif membutuhkan biaya lebih ketimbang dua cara sebelumnya. Ini karena Minasan membutuhkan bantuan ahli di spa atau salon perawatan. Terbaru, juga ada alat waxing yang bisa diterapkan sendiri dirumah. Alat tersebut sudah beredar secara global dan berasal dari Australia.
4. Krim Perontok Bulu
Sama seperti waxing, saat ini juga sudah beredar di pasaran krim perontok bulu di hidung. Cara kerjanya hampir sama dengan krim untuk bulu ketiak dan kaki. Penerapannya akan lebih aman jika dilakukan oleh ahli di salon perawatan. Pastikan memilih krim dari bahan-bahan alami dan tanpa senyawa kimia berbahaya.
5. Perawatan Laser
Penggunaan laser merupakan cara yang paling canggih menghilangkan bulu hidung. Perawatannya membutuhkan proses dan bisa menghilangkan bulu memanjang secara permanen. Untuk melakukan cara ini tentu membutuhkan biaya relatif tinggi dan hanya bisa ditangani oleh ahlinya. Jangan pernah mencoba metode hair removal sendiri di rumah karena dapat berakibat fatal.
6. Memakai Pinset
Mencabut bulu dengan pinset tergolong paling ekonomis namun cukup menyakitkan. Meski banyak tawaran lebih canggih dan aman, masih banyak yang menggunakan metode lama ini. Namun Minasan perlu tahu bahwa cara ini berbahaya dan tidak disarankan.
Sudah banyak studi dan ahli yang memaparkan bahwa mencabut bulu hidung dengan pinset dapat menyebabkan pendarahan dan infeksi. Sejumlah masalah yang ditimbulkan bisa berupa bisul di dalam hidung yang terasa menganggu dan menyakitkan. Bahkan bisa menyebabkan peradangan pada otak jika sudah memburuk.