Banyak faktor yang membuat pori-pori kulit wajah jadi membesar. Mulai dari faktor kebiasaan buruk, jenis kulit yang berminyak hingga faktor keturunan. Jika Minasan mengalami masalah ini tak perlu khawatir karena sudah banyak produk kecantikan yang menawarkan solusinya. Minasan dapat memilih produk kecantikan yang dijual di pasaran hingga produk alami yang bisa dibuat sendiri.
Nah, sambil melakukan perawatan wajah tersebut akan sangat baik jika diimbangi dengan menerapkan langkah-langkah yang dapat mendukungnya. Hasil yang maksimal bisa Minasan dapatkan dengan cepat karena langkah-langkah di bawah ini merupakan kebiasaan baik yang sangat mendukung. Jika diabaikan justru membuat perawatan mengecilkan pori-pori kulit wajah jadi percuma. Yuk, simak langkah-langkahnya.
1. Bersihkan Wajah Secara Rutin
Rutin membersihkan wajah merupakan langkah pertama yang wajib diterapkan untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah. Lakukan kegiatan ini minimal 2 kali sehari, yakni di pagi dan malam hari. Bila Minasan adalah orang yang banyak beraktvitas di luar rumah, disarankan untuk membersihkan wajah ketika siang hari.
Menurut ahli kecantikan, membersihkan wajah merupakan solusi cepat pad jangka pendek. Kebiasaan baik ini dapat menahan minyak berlebih dan membersihkan kotoran sehingga pori-pori tak membesar. Selain itu, jangan tidur sebelum wajah Minasan bersih. Wajib hukumnya membersihkan wajah sebelum tidur, tak terkecuali bagi Minasan yang tidak menggunakan makeup sekalipun.
Untuk pembersih wajah sebaiknya gunakan sabun dengan kandungan asam silsilat. Senyawa tersebut dapat menghancurkan minyak, mengeluarkan kotoran penyumbat pori-pori dan memperbaiki permukaan kulit.
2. Biasakan Berolahraga
Selain tubuh jadi sehat, olahraga juga jadi langkah tepat untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah. Biasakan untuk berolahraga minimal 1 jam per hari. Menurut pakar kesehatan hal tersebut dapat meregenerasi kulit secara alami. Jangan lupa menyiapkan handuk bersih untuk mengelap keringat. Sangat baik jika handuk diberi pembersih wajah dengan kandungan asam salsilat.
3. Pakai Sunblock Wajah
Langkah ini sangat dianjurkan bagi Minasan yang sering beraktivitas di luar ruangan. Tabir surya atau saunblock efektif melindungi kulit wajah dari dampak buruk paparan sinar UV. Radikal bebas dapat merusak lapisan kolagen dan membuat kulit kasar, berminyak, terbakar dan sebagainya. Jika tak menjaga kulit wajah dari sinar UV, langkah-langkah mengecilkan pori-pori kulit wajah yang sudah Minasan lakukan selama ini bisa sia-sia.
4. Imbangi Asupan Buah dan Sayur
Pola makan berantakan dengan banyak lemak juga jadi pemicu membesarnya pori-pori wajah dan membuat inflamasi yang menyumbat pori-pori. Jaga pola makan seimbang dan tingkatkan asupan buah dan sayur. Hindari makanan berlemak tinggi dan cukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.
5. Gunakan Produk Dengan Bijak
Makeup, pelembab atau produk perawatan kecantikan yang banyak beredar sah-sah saja digunakan sebagai langkah mengecilkan pori-pori kulit wajah. Yang patut Minasan perhatikan ialah bijak dalam memilih dan memahami senyawa yang terkandung pada produk agar tepat pemakaian dan sesuai hasil yang diharapkan.
Produk yang mengandung magnesium dan zinc dapat mengembalikan keseimbangan minyak dan membersihkan kulit hingga pori-pori tampak mengecil. Kandungan rosemary atau lavender akan membantu mengurangi iritasi dan mencegah melebarnya pori-pori. Produk yang mengandung asam salisilat juga berfungsi membantu pengelupasan lapisan kulit terluar. Sedangkan retinol akan membuka pori-pori dan membuatnya mengecil kembali.
Langkah-langkah di atas baik diterapkan bersamaan dengan perawatan wajah menggunakan masker, uap wajah dan sebagainya. Perawatan bisa dilakukan secara mandiri di rumah, ke salon kecantikan maupun ke dokter. Cara perawatan untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah disesuaikan dengan kondisi dan jenis kulit yang dimiliki. Untuk kulit yang cenderung sensitif disarankan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar tak salah pilih cara perawatan.