Kaki dan tangan yang berbulu dapat mengganggu rasa percaya diri pada wanita. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi, semakin banyak ditemukan produk maupun perawatan yang dapat mengatasi hal ini. Minasan bisa mengucapkan selamat tinggal pada alat cukur dan waxing, karena telah ada metode canggih laser hair removal untuk melenyapkan bulu-bulu yang mengganggu dengan praktis dan permanen.
Hal-Hal Penting yang Perlu Diketahui Tentang Laser Hair Removal
Sebelum Minasan mencoba perawatan kecantikan laser hair removal ini, ada baiknya Minasan mengetahui terlebih dahulu beberapa hal penting yang berhubungan dengan metode canggih penghilangan bulu ini.
Pengertian Laser Hair Removal
Metode ini secara awam dapat dijelaskan merupakan teknik penyinaran dengan cahaya yang sangat terang dalam waktu singkat untuk melenyapkan bulu-bulu pada area yang tidak diinginkan seperti kaki, tangan, bawah lengan, atau area sensitif lainnya. Sinar yang diarahkan pada bagian tubuh yang diinginkan tersebut kemudian akan diserap oleh warna gelap bulu menjadi energi panas untuk kemudian ditujukan pada akarnya. Dengan demikian bulu akan rontok secara alami karena pertumbuhannya telah dihentikan.
1. Resiko
Minasan akan selalu merasa sedikit tak nyaman saat melakukan metode laser hair removal ini terutama pada daerah di dekat tulang, walaupun tak sesakit metode menghilangkan bulu secara konvensional. Untuk mengurangi rasa sakit akibat penyinaran, para ahli biasanya menggunakan gel khusus yang dioleskan sebelum perlakuan. Gel ini berfungsi sebagai perantara panas yang akan mengurangi rasa sakit.
2. Proses Pengerjaan
Sebenarnya untuk proses pengerjaan laser hair removal ini setiap klinik kecantikan menerapkan metode berbeda-beda. Pada umumnya, daerah yang hendak dihilangkan bulunya akan dicukur terlebih dahulu setelah itu diolesi gel yang disebutkan di atas. Setelah itu proses penyinaran dimulai hingga tuntas.
3. Hasil
Banyak orang yang memilih perawatan laser hair removal ini karena hasilnya permanen setelah dilakukan selama 8 kali. Hal ini dikarenakan folikel bulu telah rusak karena proses penyinaran. Meskipun demikian tetap ada kemungkinan bulu dapat tumbuh kembali yang bergantung pada hormon dan usia pasien.
4. Tindakan Pasca Perawatan
Agar terhindar dari efek samping yang merugikan dari perawatan laser hair removal, Minasan dianjurkan untuk mempersiapkan diri sebelum treatment. 2 minggu sebelum perawatan Minasan tak boleh melakukan tindakan apa pun sebagai upaya penghilangan bulu badan, seperti waxing, mengoleskan krim perontok, dan lain sebagainya. Minasan juga sebaiknya tak melakukan perawatan penggelapan kulit (tanning) dan hindari sinar matahari secara langsung selama sekitar 2 minggu. Hindari menggunakan makeup maupun produk kecantikan berbahan kimia pada area yang hendak dihilangkan bulunya seperti deodorant, lotion, bedak, dan sebagainya.
5. Biaya
Biaya yang dipatok untuk melakukan perawatan ini sangat bervariasi dan ditentukan oleh luas area. Untuk area ketiak biasanya Minasan harus mengeluarkan dana sekitar Rp 200.000 untuk satu kali penyinaran. Untuk area kaki yang lebih luas, tentu biayanya akan lebih mahal, sekitar Rp 1 juta, dan seterusnya.
Demikianlah beberapa hal penting tentang laser hair removal yang perlu Minasan pahami sebelum melakukan perawatan ini. Sebaiknya lakukan perawatan pada klinik yang telah bersertifikat dan ditangani oleh tenaga yang kompeten. Jangan tergiur dengan harga yang murah tetapi dapat menimbulkan efek samping yang merugikan kesehatan Minasan. Nah, selamat mencoba!