Menghilangkan bulu pada ketiak merupakan masalah yang sering menjadi perhatian wanita. Salah satu metode yang dapat menghilangkannya adalah dengan mencukurnya, tetapi efek samping dari prosedur ini adalah kulit bisa iritasi sehingga warnanya menjadi gelap. Minasan juga dapat memilih metode waxing, atau pencabutan akar bulu menggunakan lilin cair, tetapi beberapa orang tak tahan sakitnya dan selama beberapa saat mungkin kulit Minasan akan menjadi kemerahan. Sekarang banyak orang yang beralih menggunakan metode laser hair removal untuk melenyapkan bulu-bulu yang dirasa mengganggu.
Metode ini memang membutuhkan waktu dan biaya yang tak sedikit, tetapi hasilnya cukup memuaskan dalam menghilangkan bulu tubuh secara permanen. Selain itu tingkat pertumbuhan bulu pada area kulit yang telah mendapat perawatan laser hair removal juga menjadi lebih kecil daripada area kulit yang sudah pernah di-waxing. Proses laser sebenarnya dapat dilakukan pada semua orang dengan berbagai warna kulit dan pada seluruh area kulit tubuh, termasuk pada ketiak. Berikut ini adalah langkah-langkah yang ditempuh jika menjalani perawatan laser hair removal.
Prosedur Laser Hair Removal
Secara teknis, akan digunakan alat yang dapat memancarkan sinar laser pada bagian tubuh yang ingin dihilangkan bulunya. Tetapi Minasan tak perlu khawatir karena penyinaran yang dimaksud di sini sangat aman dan ramah bagi kulit manusia. Sinar yang dipantulkan kemudian akan diserap oleh pigmen pada bulu dan diubah menjadi energi panas. Energi panas ini lalu akan membakar folikel bulu sehingga bulu akan rontok secara alami dan kehilangan kemampuan untuk menumbuhkan bulu yang baru. Jadi Minasan akan memperoleh hasil yang permanen bila melakukan perawatan ini secara berkala. Proses treatment yang berlangsung adalah sebagai berikut:
1. Area kulit yang hendak diberi perawatan laser hair removal dibersihkan terlebih dahulu.
2. Bulu-bulu akan dicukur terlebih dulu sebelum mulai disinari.
3. Therapist akan memberi pola pada area kulit yang hendak dihilangkan bulunya agar proses penyinaran laser hair removal dengan laser dapat membidik area kulit tersebut dengan lebih akurat.
4. Kulit yang telah diberi pola kemudian diolesi gel yang berfungsi untuk meminimalkan rasa tidak nyaman akibat sensasi panas saat kulit disinari.
5. Penyinaran laser hair removal dilakukan dengan durasi tertentu, tergantung dari luas area kulit yang hendak dihilangkan bulunya. Untuk melenyapkan bulu pada area ketiak dibutuhkan wakut sekitar 15 menit dan akan lebih lama lagi untuk area kulit yang lebih luas. Beberapa orang hanya akan merasakan kulit seperti sedikit tersengat listrik dengan watt kecil, tetapi ada pula yang membuat perumpamaan seperti dijepret dengan karet gelang saat proses ini dilakukan. Semuanya tergantung dari kondisi kulit pasien yang bersangkutan.
6. Terakhir, kulit akan dibersihkan dari gel setelah prosedur penyinaran selesai dilakukan.
Untuk memperkecil resiko setelah dilakukan penyinaran sangat penting untuk melakukan perawatan sebelum treatment laser hair removal. Paling sedikit dua minggu sebelum perawatan, Minasan dilarang untuk melakukan bleaching, taning, atau menggunakan kosmetik apa pun pada area kulit yang ingin dihilangkan bulunya. Selain itu Minasan juga tak boleh melakukan waxing atau menghilangkan bulu dengan metode lainnya yang bertujuan untuk menghilangkan akar bulu tersebut.
Nah, berani mencoba laser hair removal yang canggih ini?