Tak ada wanita yang tak mendambakan kulit halus dan lembut. Sayangnya tak semua orang terlahir dengan kondisi demikian. Pengaruh hormon dan faktor genetik membuat beberapa wanita mempunyai bulu tubuh yang lebih tebal daripada wanita pada umumnya sehingga menurunkan rasa percaya diri. Selain itu banyak wanita yang juga tak menginginkan adanya bulu pada area ketiak atau mungkin bikini line. Alternatif metode penghilangan bulu ini ada beragam, mulai pencukuran secara manual, waxing, mencabut, dan yang terbaru adalah laser hair removal.
Perawatan laser hair removal untuk melenyapkan bulu-bulu yang mengganggu disebut juga dengan Intense Pulsed Light (IPL) dengan menggunakan laser yang sesuai untuk kulit. Ukuran laser tersebut telah dirancang seaman dan seefektif mungkin untuk menghilangkan bulu pada tubuh dan resiko terjadinya efek samping yang kecil. Banyak konsumen yang puas dengan metode ini dan menganggapnya sebagai metode yang paling nyaman bagi kulit, minim rasa sakit, dan dapat menghasilkan kulit mulus secara permanen.
Perwatan 48 Jam Pasca Laser Hair Removal
Untuk memperoleh hasil yang maksimal, ada perawatan tertentu yang harus Minasan lakukan pasca perawatan menggunakan laser hair removal. Pada umumnya setelah perawatan selesai dilakukan akan ada gel khusus yang dioleskan pada area kulit yang di-treatment. Minasan tidak boleh menggunakan segala macam bahan yang mengandung bahan kimia minimal 48 jam atau dua hari pasca perawatan laser hair removal ini. Bahan-bahan kimia tersebut termasuk sabun, lotion, atau detergent. Hinadri pula paparan sinar matahari langsung terhadap kulit Minasan. Bila terpaksa harus keluar rumah, selalu aplikasikan tabir surya dengan SPF 30 untuk melindungi kulit Minasan.
Selama beberapa waktu hindari juga perawatan tubuh yang melibatkan scrub untuk mengelupas sel kulit mati karena kulit Minasan masih sangat sensitif. Setelah 48 jam pasca laser hair removal Minasan baru diperbolehkan untuk menggunakan produk harian seperti sabun mandi, body lotion, dan sebagainya. Bila hasil perawatan ini masih belum memuaskan, sebaiknya jangan terburu-buru melakukan metode lain seperti waxing, mencabut, bahkan mencukur secara manual.
Laser hair removal juga tidak disarankan bagi Minasan yang baru saja menjalani proses body bleaching, tanning, atau kulit yang baru terbakar matahari, karena justru dapat memberikan sensasi rasa terbakar pada kulit yang sedang sensitif. Tunggulah selama beberapa minggu sebelum melakukan perawatan ini agar kulit kembali netral atau efek perawatan tubuh telah lenyap.
Untuk menghilangkan bulu yang mengganggu pada tubuh Minasan akan lebih efektif bila kondisi bulu tengah tumbuh lebat. Bila tak memungkinkan Minasan dapat menunggu hingga panjang bulu Minasan mencapai sekitar 1mm. Bulu yang baru tumbuh atau sangat pendek akan memberikan hasil yang tak terlalu optimal. Yang harus Minasan ketahui, penyinaran dengan laser pada perawatan laser hair removal ini ditujukan pada akar bulu Minasan sehingga tak disarankan untuk melakukan waxing sebelumnya karena dapat menghilangkan akar bulu.
Untuk mendapatkan hasil yang optimal dan meminimalkan efek samping yang mungkin terjadi, sangat penting untuk melakukan perawatan ini pada klinik kecantikan yang tersertifikasi. Metode laser hair removal ini adalah prosedur yang sangat rumit dan harus dilakukan oleh ahlinya. Karena teknik dan level penyinaran yang digunakan untuk setiap orang bisa berbeda tergantung dengan kondisi kulit dan reaksi alergi masing-masing orang. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Minasan yang berniat mencoba metode terbaru ini.