Banyaknya bulu tak diinginkan yang tumbuh pada bagian-bagian tubuh tertentu memang dapat mengurangi rasa percaya diri, terutama saat ingin mengenakan pakaian yang pendek. Apalagi hingga saat ini, stereotype wanita cantik yang berlaku adalah yang memiliki tubuh mulus dan bebas dari bulu. Tak heran jika sejak dahulu para wanita selalu mencari cara yang paling efektif untuk melenyapkan bulu-bulu pada beberapa area yang dirasa mengganggu. Mencukur, waxing, dan mencabut memang dapat menjadi solusi sementara, tetapi harus dilakukan perawatan berkala untuk menjaga kulit tubuh tetap mulus. Alternatif lain yang dapat Minasan pertimbangkan adalah teknologi terbaru laser hair removal yang memberikan hasil efektif yaitu kulit yang mulus secara permanen.
Perawatan laser hair removal sering disebut juga dengan IPL atau Intense Pulsed Light yang dalam prosedur perawatannya melibatkan penyinaran dengan laser. Tetapi Minasan jangan khawatir dulu mendengar kata laser, karena jenis penyinaran laser yang dilakukan di sini adalah yang bersahabat bagi kulit. Laser pada perawatan IPL merupakan jenis laser yang paling efektif, aman, dan nyaman juga dengan resiko yang minim untuk menghilangkan bulu-bulu pada area kulit yang diinginkan. Perawatan ini juga semakin banyak diminati karena lebih tidak menyakitkan sebagaimana proses penghilangan bulu dengan cara waxing.
Persiapan Tepat Sebelum Perawatan Laser Hair Removal
Sebelum dilakukan treatment ini, ada beberapa perawatan yang harus Minasan lakukan, yaitu:
1. Mencabut Bulu
Minasan tak diperbolehkan untuk mencabut bulu terutama pada area kulit yang hendak di-treatment minimal 2 minggu sebelumnya. Hal ini termasuk waxing, mencabut, atau memakai krim perontok bulu. Prosedur penyinaran ini ditujukan kepada akar bulu atau folikel, sementara metode waxing dan mencabut bulu dapat menghilangkan akar bulu ini sementara waktu. Bila Minasan tetap ingin melakukannya, sebaiknya cukur bulu-bulu tersebut agar tidak sampai menghilangkan akar bulunya.
2. Tanning
Jangan melakukan tanning atau prosedur penggelapan kulit, termasuk berjemur dengan sinar matahari alami minimal 2 minggu sebelum jadwal laser hair removal. Sebaiknya Minasan mengurangi aktivitas di luar ruangan dan menghindari terkena paparan sinar matahari. Upaya ini berguna untuk mengurangi komplikasi pasca perawatan dan membuat prosedur perawatan berjalan lebih efektif.
Selain tanning, Minasan juga sebaiknya tak melakukan bleaching atau pemutihan kulit sebelum melakukan prosedur penyinaran laser hair removal untuk menghilangkan bulu-bulu. Bila Minasan baru saja melakukan bleaching tunggu hingga beberapa minggu sampai efek obat kimia yang digunakan hilang dari kulit Minasan. Hal ini berlaku untuk segala jenis perawatan kulit dengan bahan kimia lainnya.
3. Puasa Kosmetik
Sangat penting untuk membuat kondisi kulit kita normal dan sehat sebelum perawatan dengan laser hair removal. Untuk itu sebaiknya area kulit yang hendak dihilangkan bulu-bulunya dibebaskan dari segala jenis kosmetik seperti deodorant, parfum, atau lotion. Hindari pula penggunaan krim yang mengandung benzoil peroxide dan Retin-A karena berpotensi menyebabkan pengelupasan kulit yang berlebihan dan iritasi kulit baik saat proses waxing atau laser hair removal.
Demikianlah beberapa hal penting yang harus dihindari sebelum melakukan perawatan laser hair removal. Untuk memperoleh efek yang optimal sekaligus menghindari efek samping yang mungkin terjadi, sebaiknya Minasan mematuhi tips-tips di atas.