Minasan mungkin tertarik untuk mencoba treatment laser hair removal untuk menghilangkan bulu-bulu. Entah karena sudah bosan mengalami masalah kulit tergores, atau hasil waxing yang tak memuaskan. Apalagi bila ada teman Minasan yang telah sukses menjalani perawatan ini dengan hasil tubuh mulus bebas bulu. Tetapi sebelum mencoba perawatan ini ada baiknya Minasan mengetahui terlebih dahulu kekurangan perawatan menghilangkan bulu berteknologi canggih ini.
Beberapa Kekurangan Perawatan Laser Hair Removal
1. Efek Samping
Setelah menjalani perawatan ini akan terlihat warna kemerahan pada kulit setelah beberapa jam proses penyinaran dengan sinar laser. Pada beberapa orang bahkan terjadi pembengkakan, gatal-gatal, dan rasa tidak nyaman lain pada kulit. Efek samping yang lebih parah adalah terjadi infeksi kulit setelah menjalani perawatan laser hair removal. Untuk menghindari atau meminimalisir efek samping tersebut, sangat disarankan untuk menjalani perawatan pada klinik kecantikan yang bersertifikat dan ditangani oleh tenaga yang benar-benar kompeten.
2. Tidak Murah
Berbeda dengan metode penghilangan bulu lainnya misalnya waxing atau mencabut, Minasan harus merogoh kocek lebih dalam untuk memperoleh perawatan laser hair removal. Biayanya tentu berbeda-beda pada setiap klinik dan hal ini tergantung pada luas area kulit yang hendak dihilangkan bulunya. Semakin luas areanya maka semakin besar dana yang harus Minasan keluarkan. Pada umumnya biaya yang harus Minasan keluarkan berkisar antara ratusan hingga jutaan Rupiah. Bila ingin hasil yang diperoleh permanen, Minasan harus melakukan perawatan tersebut secara berkala.
3. Alat yang Digunakan
Harus diketahui bahwa jenis perawatan laser yang digunakan dalam bidang kesehatan atau kecantikan sangat beragam. Inilah pentingnya untuk melakukan perawatan dalam penanganan tenaga yang benar-benar kompeten. Dengan demikian Minasan akan mendapatkan level penyinaran laser hair removal yang sesuai dengan jenis kulit, memantau reaksinya pada kulit Minasan, dan meminimalisir terjadinya resiko. Jadi bila tak ingin sesuatu yang buruk terjadi akibat efek samping, jangan coba-coba melakukan perawatan laser hair removal ini pada tempat-tempat yang tak bersertifikat walaupun biasanya menawarkan harga yang murah.
4. Rasa Sakit
Walaupun banyak orang yang mengatakan bahwa perawatan dengan metode waxing lebih menyakitkan bila dibandingkan dengan laser hair removal, bukan berarti Minasan terbebas dari rasa sakit saat melakukan treatment ini. Pada umumnya area kulit yang ingin dihilangkan bulunya adalah bawah lengan, kaki, dan area bikini, dan semakin sensitif kulit pada area tersebut akan terasa semakin menyakitkan. Hal ini tentu berbeda pada setiap orang.
5. Butuh Waktu
Harus disadari bahwa dibutuhkan waktu yang sedikit lama untuk melakukan perawatan laser hair removal ini. Untuk persiapan pra perawatan saja, Minasan membutuhkan waktu 2-4 minggu sebelum treatment dilakukan, seperti puasa kosmetik pada area kulit yang hendak dihilangkan bulunya, tak melakukan perawatan penghilangan bulu dengan metode lain, juga menghindari sinar matahari. Untuk melakukan sesi perawatan lanjutan Minasan juga harus menunggu selama sekitar 6 minggu. Dibutuhkan hingga sekitar 8 kali terapi untuk memperoleh hasil permanen dan tubuh bebas bulu.
Demikianlah beberapa kekurangan dari metode laser hair removal untuk menghilangkan bulu-bulu yang mengganggu pada tubuh. Carilah informasi sebanyak dan sedetil mungkin sebelum melakukan perawatan ini, atau berkonsultasilah kepada ahlinya untuk memperoleh hasil terbaik.